Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri Timor Leste di Bogor

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 26 Januari 2024. Kali ini, Jokowi memakai dasi warna merah.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Perdana Menteri Xanana begitu tiba langsung disambut iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Selanjutnya, Presiden Jokowi menyambut PM Xanana ketika turun dari mobil yang dikawal Paspampres.

Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao

Photo :
  • VIVA/Farhan
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Kemudian, Jokowi menyalami PM Xanana sambil hormat. Setelah itu, kedua pimpinan negara ini mengikuti prosesi penyambutan dengan mendengarkan lagu kebangsaan dari Indonesia dan Timor Leste diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Selanjutnya, kedua pemimpin negara ini melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kemudian, kedua pemimpin negara juga memperkenalkan masing-masing delegasi yang mengikuti prosesi upacara kehormatan. Dari Indonesia, hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

PM Timor Leste Xanana Gusmao.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Usai memperkenalkan delegasi, Jokowi mengajak PM Xanana melakukan sesi foto bersama sekaligus menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, kedua pemimpin negara ini menuju ke Veranda Istana Kepresidenan Bogor dilanjut menanam pohon perdamaian (barringtonia asiatice) di halaman belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya