Keren, Si Kembar dari ITS dan ITB Bikin Aplikasi Bimbel

Si Kembar ITB dan ITS buat aplikasi bimbel.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Moch Siswan Irfandi dan Moch Siswan Afandi dua saudara kembar yang kuliah di kampus berbeda berkolaborasi menciptakan aplikasi bimbingan belajar atau bimbel. Aplikasinya dapat digunakan pelajar SMA yang ingin lulus seleksi masuk perguruan tinggi favorit. 

Kolaborasi dengan Pelaku Start-Up, Kaesang Ingin PSI Lebih Anak Muda

Irfandi dan Afandi sama-sama tamatan SMAN Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lulus SMA, Irfandi melanjutkan studi di Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung, kini semester lima. Sementara Afandi kini semester tujuh Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Aplikasi bimbel yang mereka bikin bernama Zeniora Education. Aplikasi cerdas untuk bimbel mandiri. Selain efektif dan praktis, cara bimbel dengan aplikasi ini juga diyakini lebih jitu menembus PTN ternama. Seperti ITB, UGM UI, ITS, Unair, dan kampus lain. 

Pidato, Gibran Rakabuming Raka Sampaikan Visi Misi Dari Dana Abadi Pesantren Hingga KIS Lansia

Dalam aplikasi bimbel mandiri ini ada puluhan ribu jenis soal yang diformulakan khusus untuk menembus ujian tulis PTN.

Selain kedua saudara lembaga Irfandi dan Afandi, ternyata ada juga satu anggota tim Zeniora, Amalia Aisyah Alumnus Statistika yang lulus 2017 kemarin. Ketiganya tim Zeniora Education. 

Unair Beri Pendampingan untuk Pelaku Usaha Pemula

Irfandi menceritakan, pendorong bikin Zeniora ialah ingatan dirinya dan banyak teman berjuang dan harus membayar mahal bimbel masuk PTN.  "Kami harus mencari solusi atas situasi itu. Tidak hanya murah tapi juga praktis. Cukup bimbel lewat HP," kata Irfandi pada Sabtu, 28 September 2019. 

Afandi menjelaskan, dalam aplikasi cerdas itu pengguna akan dimudahkan dan dibikin tidak bosan dengan materi latihan soal. Semua dibuat berjenjang dan menyenangkan. Ada soal ada pembahasan. Selain itu, ada pula sistem sehingga siswa bisa berpikir sistematis.

Banyak fitur dan menu yang bisa dimanfaatkan dalam Aplikasi karya kolaboratif ITS ITB itu. Sejumlah fitur dan menu dalam aplikasi berbasis android tampilkan menu khusus seperti Simak UI (model soal dan materi yang biasa untuk menembus UI), Utul UGM atau menu khusus latihan ujian tulis menembus UGM.

Kemudian latihan bimbel khusus kampus ikatan dinas, macam STAN, STIS dan kampus ikatan dinas lain. Selain itu Adapula latihan bimbel untuk menembus Poltek dan kampus Islam. Selain itu ada pula fitur khusus bimbel Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas XII. 

Pada Jumat kemarin, aplikasi itu diluncurkan secara resmi di Satu Atap di Jalan Pacar Surabaya, tempat para startup Surabaya dan sekitarnya biasa berkumpul. Ratusan siswa hadir. 

"Sebenarnya Zeniora bukan baru-baru amat, karena banyak siswa yang sudah mengenal dan mengunduh melalui play store maupun app store. Cuma baru di launching," kata Afandi. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya