IHSG Terus Menghijau, Investor Cermati Dinamika Ekonomi Global

IHSG
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG dibuka menghijau di level 6.169,90 pada pembukaan perdagangan Kamis 17 Oktober 2019. Posisi itu menguat 0,3 poin atau 0,01 persen, dibanding penutupan perdagangan Rabu 16 Oktober 2019 di level 6.169,59.

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji menjelaskan, sampai hari ini masih ada sentimen positif bagi IHSG, salah satunya adalah akibat meredanya tensi perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

"Market mengapresiasi kesepakatan dagang antara AS dengan Tiongkok," kata Nafan saat dihubungi VIVAnews, Kamis 17 Oktober 2019.

Strategi RI Hadapi Perang Dagang di Tengah Pandemi COVID-19

Di sisi lain, Nafan menjelaskan bahwa potensi penurunan suku bunga acuan The Federal Reserve, masih menjadi salah satu sentimen positif tambahan terkait dengan penguatan indeks.

"Potensi penurunan suku bunga acuan The Fed juga merupakan sentimen tambahan terkait dengan penguatan indeks," ujarnya.

Airlangga Dorong Indonesia Produksi Vaksin Mandiri

IHSG berhasil ditutup menguat 0,19 persen di level 6.169, pada penutupan perdagangan Rabu 16 Oktober 2019. Support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.126 hingga 6.105.

Sementara resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 6.196 hingga 6.230. Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif.

"Sementara Stochastic dan RSI menunjukkan sinyal positif, namun terlihat pola bearish doji star candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya