Presiden Jokowi Minta Menteri Kumpulkan Aturan Penghambat Investasi

Sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju, tidak hanya bekerja sesuai tupoksi masing-masing. Tetapi, juga diminta mencari berbagai peraturan yang menghambat investasi.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Terkait instruksi ini, Presiden memberi kesempatan kepada seluruh menteri selama satu bulan. Mereka diminta segera mengumpulkan peraturan-peraturan yang dianggap menghambat investasi.

"Tolong dilihat di setiap kementerian yang membuat bekerja, yang membuat menghambat pelayanan terhadap masyarakat, menghambat investasi dunia usaha, segera kumpulkan dalam waktu sebulan ini," ujar Presiden Jokowi, dalam sambutan rapat paripurna kabinet, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Ganjar Kasih Bocoran Kapan Mahfud MD Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi

Dalam dua pekan ke depan, Jokowi akan merapatkan lagi masalah ini. Ia menegaskan, masih banyak peraturan baik itu undang-undang, keputusan presiden, peraturan menteri, yang justru menghambat laju investasi.

Ia juga mengingatkan Mendagri, untuk kembali melihat berbagai aturan di daerah apakah itu peraturan gubernur, hingga peraturan bupati/walikota, jika ada yang tidak sesuai agar bisa diselaraskan dengan aturan pemerintah pusat.

Mahfud MD Blak-blakan Belum Mundur dari Menkopolhukam: Saya Jagain Prabowo!

"Hal-hal yang mengahambat ingin kita hapuskan sehingga kita bekerja cepat," katanya.

Investasi memang tetap menjadi fokus utama pemerintahan kedua Presiden Jokowi. Karena, dengan masuknya investasi, lapangan pekerjaan akan tercipta. Juga defisit neraca berjalan, bisa diatasi. (asp)

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024