PDIP Buka Suara soal Isu Tarik Semua Kader Menteri dari Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Mencuat isu PDI Perjuangan (PDIP) bakal menarik seluruh kadernya yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pemerintahan Presiden Jokowi. Isu itu muncul seiring sikap poliitik berseberangan antara Jokowi dengan PDIP menuju Pilpres 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Merespons rumor tersebut, Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan, hal itu sepenuhnya menjadi keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Menarik menteri itu kebijakan ketua umum,” kata Bambang Pacul, begitua ia karib disapa, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 November 2023. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Pacul melanjutkan, partainya justru meminta kader yang ada di Parlemen Senayan untuk tetap mendukung pemerintahan Jokowi hingga selesai masa jabatannya pada Oktober 2024.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

“Yang saya dengar pasti kan bahwa kita diminta partai, anggota dewan diminta mendukung Pak Jokowi sebagai presiden sampai akhir masa jabatan,” kata Pacul.

Lantas, disinggung soal kerenggangan hubungan Jokowi dengan PDIP, Pacul meminta publik melihat sendiri dinamika politik yang berkembang.

“Hubungan PDIP dengan Pak Jokowi? Saya tidak akan berkomentar, tapi dikau lihat sendiri, ya toh?”imbuhnya.

Menurut dia, memang ada perbedaan pilihan politik antara Jokowi dengan PDIP. Putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. Sementara, PDIP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Tentu ada perbedaan dalam hal ini, ada yang beda antara pak presiden tentu ada. Normalnya kan ada cawapres putranya. Kalau PDIP kan Bu Mega keputusan kongres calonnya Pak Ganjar. Clear kan,” lanjutnya.

“Jadi kalau apakah ada kerenggangan? Ya dikau baca sendiri aja ada renggang atau enggak,” kata Bambang Pacul.

Diketahui, PDIP punya lima kader yang didapuk menjadi menteri di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Kelimanya yakni Yasonna Laoly (Menteri Hukum dan HAM), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Abdullah Azwar Anas (Menpan RB). Selain itu, ada Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dan Pramono Anung (Sekretaris Kabinet).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya