Logo BBC

Merek-merek Fesyen Dunia Disorot soal Pasokan Kapas dari Xinjiang

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Merek-merek ritel fesyen dunia diawasi secara ketat terkait dengan pasokan kapas yang berasal dari Xinjiang, sebuah daerah di China yang berulang kali dituduh melakukan pelanggaran HAM.

China adalah salah satu produsen kapas - bahan baku katun - terbesar di dunia dan sebagian besar di antaranya berasal dari Xinjiang.

Sejumlah kelompok HAM mengatakan bahwa masyarakat minoritas Muslim Uighur di Xinjiang dipersekusi dan direkrut untuk menjalani kerja paksa.

Banyak merek fesyen dunia yang diduga secara tidak langsung memasok produk kapas dari Xinjiang yang terletak di sisi barat China.

Peritel Jepang, Muji dan Uniqlo, baru-baru ini menarik perhatian setelah sebuah laporan menyoroti langkah keduanya yang menjadikan kisah bahan katun asal Xinjiang sebagai kunci penjualan dalam iklan mereka.

H&M, Esprit dan Adidas merupakan beberapa perusahaan yang disebut berada di ujung rantai suplai produk kapas dari Xinjiang, menurut hasil investigasi Wall Street Journal.

"Anda tidak dapat memastikan bahwa Anda tidak memiliki unsur kerja paksa dalam rantai pasokan Anda, jika Anda berbisnis kapas di China," kata Nathan Ruser, peneliti Institut Kebijakan Strategis Australia.