Pembicara di Abu Dhabi Sustainable Week, Jokowi Paparkan Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo kunjungan ke UEA.
Sumber :
  • Biro pers Istana.

VIVA – Presiden Joko Widodo di hari kedua kunjungan kerjanya ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab atau PEA pada Senin 13 Januari 2020, akan menghadiri Abu Dhabi sustainability Week/ADSW.

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Seperti dalam siaran pers Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, acara di gelar di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC).

"Jadi, Pak Presiden diundang oleh Raja, untuk menjadi pembicara utama dalam Abu Dhabi Sustainable Week. Ini kan sebuah acara yang prestisius tentang sustainability, bukan hanya lingkungan, tetapi juga bagaimana ekonomi berkelanjutan, teknologi berkelanjutan, dan lain-lain," kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Dalam kesempatan itu, masalah Ibu Kota RI yang baru akan menjadi bahan pemaparan buat Jokowi juga. Pratikno mengatakan, Presiden ingin mengajak dunia melihat rencana Indonesia terhadap Ibu Kota baru yang cita-citanya akan dibentuk sebagai kota masa depan.

"Dengan Ibu Kota Baru tersebut, Pak Presiden ingin mengajak juga dunia internasional, untuk menjadikan Ibu Kota Baru Indonesia ini menjadi satu showcase. Jadi contoh dunia, menjadi sustainable city dengan segala aspeknya," jelasnya.

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

Sebab, Ibu Kota RI yang baru dirancang untuk masa depan, kota yang lebih sehat, dan modern.

"Seperti yang sering Pak Presiden katakan, bahwa nanti ada zero emission, compact city, tetapi juga inovasi dan kreativitas, penggerak ekonomi, dan lain-lain. Jadi, Pak Presiden ingin menawarkan bahwa Ibu Kota Baru salah satu yang ingin disampaikan tentang visi Indonesia ke depan mengenai sustainable development," jelasnya.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia, Armen Sarkissian. Juga akan melakukan pertemuan dengan CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Usai berbicara di ADSW, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk melakukan pertemuan trilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed dan CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Setelah itu, Presiden akan menuju Terminal Kepresidenan Bandara Internasional Abu Dhabi, untuk kemudian lepas landas kembali ke Tanah Air. Presiden dan rombongan direncanakan tiba di Jakarta pada Selasa dini hari, 14 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya