Logo DW

China Laporkan Kematian Keempat Akibat Virus Corona Jenis Baru

picture-alliance/dpa/M. Schiefelbein
picture-alliance/dpa/M. Schiefelbein
Sumber :
  • dw

Pihak berwenang Cina mengonfirmasi telah ada empat orang yang meninggal akibat terinfeksi virus corona jenis baru di pusat kota Wuhan, Cina. Dalam pernyataan tertulis Komisi Kesehatan Kota Wuhan, disebutkan seorang pria berusia 89 tahun, meninggal pada Minggu (19/1), akibat terinfeksi virus corona jenis baru. Ia juga disebut menderita penyakit jantung koroner.

Dalam pernyataan terpisah, dilaporkan sebanyak 15 pekerja medis terinfeksi pneumonia, dengan satu orang dalam keadaan kritis. Total sudah ada 217 kasus yang terjadi akibat virus corona jenis baru ini, sejak wabah mulai menyebar pertama kali pada Desember 2019.

Virus yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan ini telah menyebar ke Beijing dan Shanghai. Kasus-kasus orang terinfeksi virus ini juga sudah dideteksi di luar Cina, seperti di Korea Selatan, Thailand dan Jepang. Penyebaran virus ini terjadi bertepatan jelang waktu liburan terbesar Cina. Ratusan ribu orang diprediksi akan berpergian untuk merayakan Tahun Baru Cina (Imlek) di akhir pekan ini.

Bandara Australia gunakan pemindai suhu

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas kondisi krisis penyebaran virus yang kini telah menyebar ke luar Cina.

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mencuit di Twitternya bahwa rapat diadakan untuk menentukan apakah virus corona jenis baru ini merupakan peristiwa darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Rapat ini juga diadakan untuk menentukan langkah apa yang perlu dilakukan untuk menangani penyebaran virus.

Otoritas Australia mengumumkan pada Selasa (21/1), akan menempatkan alat pemindai suhu bagi penumpang pesawat yang datang dari Wuhan, Cina untuk mencegah penyebaran virus.