Di Pasir Madang, Jokowi Tanam Vetiver Guna Cegah Longsor

Presiden Jokowi saat kunjungi lokasi banjir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Presiden Joko Widodo, kembali mengunjungi wilayah terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Senin 3 Februari 2020.

Penampakan Ngeri Rel KA Pangrango Bogor-Sukabumi: Tergantung Akibat Longsor

Kawasan ini termasuk yang terparah, saat bencana banjir dan longsor yang melanda beberapa wilayah Tanah Air pada awal Januari 2020 lalu.

Di dekat kantor Kecamatan Sukajaya, tepatnya Desa Pasir Madang, Presiden Jokowi akan dijadwalkan menanam sejumlah pohon. Termasuk, jenis rumput vetiver.

Jalur Double Track KA Bogor-Sukabumi Longsor: 2 Orang Tewas, 4 Tertimbun

Ada sebanyak 10 ribu polybag yang disiapkan. Penanaman dilakukan di lereng.

Rumput vetiver ditanam di tanah lereng-lereng keras dan berbatu. Ujung akarnya dapat menembus masuk seperti jangkar dan sangat kuat mengikat tanah.

Minum Teh Ternyata Dapat Menurunkan Risiko Diabetes, Kata Studi

Cara kerja rumput vetiver seperti besi kolom yang masuk ke dalam menembus lapisan tanah dan saat bersamaan menahan partikel-partikel tanah denngan akar serabutnya.

Kondisi seperti ini bisa menghindari terjadinya erosi yang disebabkan angin dan air. Vetiver ini juga dijuluki kolom hidup.

Selain vetiver, beberapa jenis pohon juga akan turut ditanam di kawasan ini. Sebagai bagian dari penanaman kembali hutan-hutan yang mulai gundul.

Pohon-pohon yang sudah disiapkan seperti Mahoni 20 ribu batang, Sengon 3.000 batang, Gmelina 12 ribu batang, Kayu Afrika 8.000 batang, Macadamia 7.500 batang, Jengkol 6.000 batang, Matoa 6.000 batang, Petai 6.000 batang, Durian 4.000 batang, dan Sirsak 8.000 batang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya