Indeks Saham Dunia Tertekan, IHSG Coba Menguat di Akhir Pekan

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 4.580 pada pembukaan perdagangan Jumat 17 April 2020. Posisi itu menguat 99 poin atau 2,23 persen, dibanding penutupan perdagangan Kamis 16 April 2020 di level 4.480.

Dibuka Menguat, IHSG Hari Ini Diprediksi Dapat Sentimen Positif dari Neraca Perdagangan

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menjelaskan, tertekannya mayoritas indeks saham di dunia, nyatanya turut membawa tekanan negatif terhadap pergerakan IHSG.

"Investor masih mengkhawatirkan dampak akan upaya-upaya mencegah penyebaran wabah," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 April 2020.

Dibuka Melemah, IHSG Berpotensi Balik Menguat Ditopang Musim Tebar Dividen hingga Keyakinan Konsumen

Lanjar menjelaskan, saat ini para investor masih terus mengukur tingkat kerusakan, yang disebabkan oleh pandemik virus corona.

"Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak mencoba menguat di akhir pekan, dengan support resistance 4.466-4.590," ujarnya.

IHSG Dibayangi Tekanan di Akhir Pekan, Cek Rekomendasi Saham Berikut

Secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.443,63 hingga 4.318,10.

"Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 4.569,16 hingga 4.747,88," kata Nafan.

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral. 

"Pergerakan IHSG telah menguji garis MA 20, sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance pertama masih terbuka lebar," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya