Tiga Hal Ini Jadi Kunci Usaha Online di Tengah Pandemi

Ilustrasi sepatu sneakers.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pandemi membuat konsumen cenderung mengalihkan pembelian ke barang-barang tertentu, serta selektif dalam memilih.

Social Commerce Makin Populer, Indef: Tren Pembayaran COD Melonjak

Hal ini justru berdampak positif, pada bertambahnya bisnis baru yang tersedia secara online. Tidak sedikit dari mereka yang kena pemutusan hubungan kerja, memberanikan diri untuk memulai bisnis sendiri.

Agar upaya berjualan secara online itu tidak sia-sia dan justru bisa berkembang, tentu mereka membutuhkan beberapa hal.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Pemilik SNS Sneakers, Steven mengaku bahwa ada dua hal yang ia terapkan dalam bisnis, hingga bisa mencapai apa yang diinginkan selama ini.

Ia mengaku, bahwa hal terpenting dari membangun bisnis adalah ‘memulai’. Alasannya, percuma semuanya sudah disiapkan tapi tidak bertindak atau melakukan apa-apa.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

“Belajar dari setiap langkah yang kita ambil dan jangan putus asa ketika memulai berbisnis,” ujarnya, dikutip Senin 22 Februari 2021.

Selain itu, sumber daya manusia adalah salah faktor penting untuk menentukan apakah bisnis dapat bertahan
atau tidak. Sebab, tidak mungkin semua hal dijalani sendirian.

“Saya juga terapkan prinsip reward dan punishment bagi tiap karyawan. Ini supaya mereka termotivasi dan juga disiplin dalam bekerja,” tuturnya.

Terakhir, ia menyarankan agar jeli melihat peluang dan pesaing yang ada. Dengan begitu, maka bisa menerapkan strategi yang tepat agar bisnis bisa berhasil.

“Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada orang yang lebih sukses,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Steven memulai bisnis berjualan sneakers dari nol, karena ia awalnya diminta untuk meneruskan bisnis orangtua.

““Momen ditentang orangtua itu memotivasi saya untuk bisa membuktikan, bahwa bisnis saya sendiri bisa besar. Setelah bisnis berjalan selama 4 tahun, saya mengapresiasi diri dengan membeli sports car impian, Porsche 911 Carrera,” kata dia.

Steven menjelaskan, bisnis sneakers tergolong menjanjikan karena memiliki pelanggan (sneakershead) yang setia. Mereka tak ragu mengeluarkan uang, jika ada rilisan terbaru.

““Saya melihat peluang bisnis sneakers terbuka lebar, dengan adanya banyak acara besar yang juga didukung oleh banyak sponsor,” jelasnya.

Photo :
  • SNS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya