PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Gegara Pakai Sepatu Adidas Samba, Ada Apa?

PM Inggris Rishi Sunak Menggunakan Sepatu Adidas Samba
Sumber :
  • HuffPost UK

Inggris – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak baru-baru ini dihujat di media sosial oleh pengguna dan pengamat mode karena menggunakan sepatu Adidas Samba saat wawancara di 10 Downing Street. Mereka kecewa dengan pilihan Sunak dan menyampaikan bahwa "dia telah merusaknya untuk semua orang".

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

Dalam wawancara itu, Sunak mempromosikan kebijakan pajak era pemerintahannya. Pemimpin berusia 43 tahun itu terlihat mengenakan sepatu Samba berwarna abu-abu, putih dan hitam dari merek pakaian olahraga terkenal Jerman Adidas, Busana yang dikenakan Sunak dipadukan dengan kemeja putih, celana chino biru tua, dan kaus kaki hitam.

Adidas mendeskripsikan Sambas sebagai sepatu legendaris yang kaya akan sejarah dan punya keistimewaan karena dianggap sedang tren. Namun, menurut para pecinta sneakers, tren citra telah dirusak oleh Sunak untuk tampil trendi.

Pakai Adidas Samba, PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Hingga Sampaikan Permintaan Maaf, Kenapa?

Adidas Samba

Photo :
  • ODD

Berbicara di Radio LBC, Sunak berkata, "Saya menyampaikan permintaan maaf sepenuhnya kepada komunitas (pecinta) Samba. Namun, dalam pembelaan saya, saya akan mengatakan bahwa saya telah memakai sepatu kets Adidas termasuk Sambas dan lainnya, selama bertahun-tahun,” kata Sunak melansir The Guardian, Sabtu, 13 April 2024.

Perdana Menteri Inggris Kutuk Pembunuhan Relawan di Gaza, Desak Penyelidikan yang Transparan

Dia berkata dapat sepasang sepatu kets Adidas pertamanya sebagai hadiah Natal dari saudaranya. Ia mengaku sejak saat itu selalu menganakan sepatu dari Adidas “Jadi, saya sudah lama menjadi pemujanya,” jelas Sunak.

Sunak mengatakan dia membeli sepasang sepatu Adidas Samba yang terlihat di video tersebut. “Sepasang sepatu itu (di video) memang saya beli, tapi saya sudah lama memiliki sepatu Adidas,” lanjut Sunak.

Pemimpin Inggris tersebut, yang juga mendapat kritik mengenai celana panjangnya yang pendek, mengatakan dia "tertarik dan terhibur dengan banyaknya fokus pada apa yang saya kenakan".

PM Inggris Rishi Sunak Menggunakan Sepatu Adidas Samba

Photo :
  • HuffPost UK

Majalah GQ Inggris melaporkan “dalam upaya untuk menampilkan dirinya sebagai seorang yang muda dan keren, Rishi Sunak mengambil sepatu kets yang selalu keren dan merusaknya untuk semua orang”. Sejarawan alas kaki Elizabeth Semmelhack juga menyampaikan cara Sunak bisa jadi ‘lonceng kematian’ bagi sepatu olahraga retro tersebut. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Samba adalah sepatu kets klasik menonjolkan desain tiga garis khas Adidas, telah diberi label 'resmi sebagai sepatu terbaik musim ini'. Sepatu tersebut telah dikenakan oleh banyak selebriti termasuk Hailey Baldwin Bieber, Rosie Huntington-Whiteley, Bella Hadid, Rihanna dan Kendall Jenner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya