Jurnalis Terluka Akibat Serangan Israel di Kamp Pengungsi di Jalur Gaza Tengah

Jurnalis
Sumber :
  • istimewa

VIVA Dunia – Beberapa jurnalis terluka dalam serangan Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah pada hari Jumat (12/4/2024). Sumber medis mengatakan kepada Anadolu, bahwa di antara yang terluka adalah jurnalis foto Sami Shehadeh yang kaki kanannya diamputasi dan dia juga menderita berbagai luka di sekujur tubuhnya.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Seorang koresponden lembaga penyiaran publik Türkiye TRT Arab terluka ringan dalam serangan Israel, kata sumber di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa. Mereka mengatakan bahwa Muhammad Al-Sawalhi, jurnalis lainnya, juga terluka setelah pecahan peluru mengenai tangan kanannya dalam penembakan artileri Israel lainnya di daerah yang sama.

Ini bukan pertama kalinya tentara Israel menargetkan jurnalis di Gaza selama perang yang telah berlangsung selama lebih dari setengah tahun. Setidaknya 140 jurnalis telah terbunuh akibat serangan Israel sejak 7 Oktober, menurut data dari kantor media pemerintah Gaza.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sejak Kamis pagi, kamp Nuseirat telah menyaksikan serangan artileri dan udara Israel yang intens, bertepatan dengan pengumuman tentara Israel mengenai operasi militer di wilayah utara kamp di Jalur Gaza tengah.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Israel telah melancarkan serangan militer di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang. Lebih dari 33.600 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak perang dimulai.

Mereka juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan wilayah kantong pantai tersebut, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Perang telah menyebabkan 85% penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara sebagian besar infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), yang mendesak Israel untuk berbuat lebih banyak untuk mencegah kelaparan di Gaza.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya