Klaim Malaysia

Fakta Angklung Budaya Indonesia Diungkap

VIVAnews - Tidak hanya batik yang diklaim Malaysia, alat musik tradisional angklung juga mulai dicatat milik negeri jiran itu. Fakta sesungguhnya bahwa angklung adalah bagian dari budaya Indonesia, khususnya sunda, diungkapkan dalam buku 'Diplomasi Angklung'.

Penulis buku 'Diplomasi Angklung' Sulhan Syafii mengatakan, buku yang ditulisnya ini diharapkan bisa jadi pertimbangan negara lain, seperti Malaysia, yang mengklaim angklung sebagai budaya mereka.

"Dengan adanya buku ini dan beberapa fakta yang disampaikan di dalam buku diharapkan bisa mempertahankan angklung sebagai salah satu budaya dari Indonesia,” kata Sulhan saat bedah buku “Diplomasi Angklung” terkait 81 Tahun Udjo Ngalagena di Saung Angklung Udjo, Bangdung, Kamis 11 Maret 2010.

Sulhan yakin, suatu saat alat musik tradisional sunda yang terbuat dari bambu itu akan mendunia.

Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo, mengatakan pihaknya telah mengirimkan buku Diplomasi Angklung ke UNESCO. Seperti halnya batik, UNESCO juga akan menetapkan angklung sebagai budaya warisan dunia. Keputusan badan dunia PBB ini akan diumumkan Mei 2010 nanti.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Dalam situs www.musicmall_asia.com disebutkan bahwa angklung berasal dari Malaysia tepatnya berada di kota Johor. Musik angklung merupakan pengiring kesenian kuda kepang.

Klaim angklung budaya Malaysia juga dituangkan dalam situs www.malaysiana.pnm.my. Disebutkan angklung adalah salah satu warisan budaya Malaysia. Di situs ini pengunjung dijelaskan tentang bahan dasar angklung, fungsi, dan cara bermainnya. Diperlihatkan pula foto-foto angklung. Suara angklung juga bisa didengar dengan mengklik gambar speaker yang ada di laman tersebut.

Laporan: Melissa Tuanakotta | Bandung

Temui Jokowi, CEO Microsoft Komitmen Kembangkan Bisnis Teknologi di Indonesia
CEO GOTO Patrick Walujo.

Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal I 2024. Nilai transaksi bruto grup tumbuh 20 persen menjadi Rp 116,5 triliun

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024