Meski Pandemi Bukan Berarti Tak Bisa Prestasi

Ilustrasi prestasi.
Sumber :
  • Inside Small Business

VIVA – Pandemi COVID-19 telah membuat negara-negara secara global terdampak perekonomiannya dan seiring perjalanan waktu beberapa negara yang menerapkan antisipasi maupun kebijakan terbaik bisa bertahan, bahkan mampu meningkatkan perekonomian negaranya di tengah situasi seperti yang tidak terduga seperti sekarang.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Wabah ini juga memberikan dampak yang besar bagi perekonomian, karena penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sampai pembatasan sosial berskala mikro (PSBM), sehingga banyak sektor bisnis jadi terganggu. Salah satu sektor yang terimbas pandemi COVID-19 adalah pariwisata.

Namun, antisipasi dan berbagai kebijakan pemerintah di seluruh dunia terkait penanganan pandemi berperan penting untuk perkembangan perekonomian negara. Contohnya Australia.

Membanggakan! Siswa MAN 2 Bantul Sabet 2 Medali Emas di Indonesia International Invention Expo 2024

"Permintaan domestik jadi faktor utama dalam pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata. Terlebih kunjungan (turis) internasional belum akan (dibuka) kembali hingga setidaknya tahun 2022," kata Deloitte Access Economics Partner and National Tourism Leader, Adele Labine-Romain, Selasa, 8 Juni 2021.

Menurutnya, jika pandemi COVID-19 semakin terkendali, maka pariwisata domestik diperkirakan akan tumbuh menjadi 113 juta di akhir tahun ini dan meningkat sebesar 134 juta perjalanan pada 2023. Negara tetangga Indonesia itu dinilai memiliki fundamental ekonomi yang baik dan politik stabil.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Meski masih pandemi, namun ada prestasi luar biasa yang ditorehkan pengusaha properti Australia kelahiran Indonesia. Anak usaha Crown Group milik Iwan Sunito, Skye Suites, berhasil duduk di peringkat 26 dari 205 hotel berbintang di kota Sydney versi Tripadvisor.

Bahkan posisi Skye Suites mampu melampaui peringkat Hotel Pullman Sydney Hyde Park (100), Shangri-La (89), Hilton (65), dan Sydney Harbour Marriott Hotel at Circular Quay (53) di Tripadvisor. “It’s beyond my wildest dream," kata Iwan Sunito.

Ia mengaku keberhasilan Skye Suites menembus peringkat 30 besar kurang dari 3 tahun, karena memberikan layanan yang berbeda dengan kompetitor. “Dimulai dari desain eksterior dan interior yang artistik, kolam renang dan lobi yang terinspirasi dari gua es, serta rooftop yang menakjubkan dengan kamar yang luas," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya