Saddam Hussein Ditangkap

VIVAnews - Setelah hampir delapan bulan menghilang, pada 14 Desember 2003, mantan presiden Irak, Saddam Hussein ditangkap pasukan Amerika Serikat.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Saddam ditangkap di sebuah bunker kecil di rumah pertanian di selatan Tikrit. Bersamanya turut ditangkap pula dua orang lain dan disita sejumlah uang dan persenjataan.

Saddam berhasil ditangkap setelah pasukan AS menginterogasi sejumlah kerabatnya. Pada 30 Juni 2004, militer AS menyerahkan Saddam kepada pemerintah Irak di bawah PM Iyad Allawi.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Sehari kemudian, Saddam mulai menjalani sidang pengadilan atas tuduhan kejahatan kemanusiaan. Pada Juli 2005, pengadilan Irak mulai menyidangkan tuduhan pertama atas Saddam terkait perannya dalam pembunuhan warga Syiah di kota Dujail pada tahun 1982.

Setelah berlangsung lebih dari satu tahun, pada 5 November 2006 pengadilan Irak memutuskan Saddam bersalah dan dijatuhi hukuman mati.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Dua terdakwa lain, Barzan al-Tikriti dan Awad Hamed al-Bandar juga dijatuhi hukuman mati. Saddam Hussein dieksekusi pada 30 Desember 2006, setelah Mahkamah Agung Irak menolak upaya bandingnya.

Dua mobil Ferrari Harvey Moeis yang disita

Kaget Lihat Besaran Pajak 2 Mobil Ferrari Harvey Moeis yang Disita, Pantas Ada yang Nunggak

Kejaksaan Agung kembali menyita mobil mewah milik Harvey Moeis selaku tersangka kasus dugaan korupsi timah. Dari ketiga mobil yang disita itu, 2 mobil adalah Ferrari. ..

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024