Benarkah Pil KB Membuat Libido Menguap

Bercinta tidak memuaskan
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pernah merasa gairah seksual menurun? Bukan hanya gangguan fisik dan psikologis yang bisa membuat libido menguap. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil KB, juga bisa memicu penurunan gairah bercinta.

Penelitian Boston University yang dipimpin Direktur San Diego Sexual Medicine, Irwin Goldstein, mengungkap, penggunaan pil KB dalam jangka panjang bisa memengaruhi libido pada wanita.

Alat kontrasepsi hormonal bisa meningkatkan level sex-hormone-binding globulin (SHBG) pada wanita, yang bisa menyebabkan penurunan kadar hormon testosteron dalam darah. Padahal hormon laki-laki inilah yang memicu gairah seksual pada wanita.

Profesor obgin dari Columbia University, Hilda Hutcherson menemukan bahwa pil KB mengandung progestin yang memberi efek hormon androgen yang bisa menurunkan gairah seksual.

Konsumsi obat antidepresi jenis selective serotonin-reuptake inhibitors (SSRIs) seperti Prozac juga memicu wanita sulit mencapai orgasme. Pada pria, obat penenang menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi.

Obat-obatan lain yang mengancam kehidupan seksual pada banyak pasangan adalah obat diabetes. Selain sulit mencapai orgasme, konsumsi obat diabetes juga bisa menyebabkan pria impoten.(np)

Baca juga: Mengapa Wanita Kehilangan Gairah di Usia Muda

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024