Harga Daging Sapi Masih Mahal

Pedagang daging sapi
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Pekan ketiga Ramadan, harga daging sapi diperkirakan terus naik hingga puncaknya mencapai Rp80 ribu per kilogram atau naik Rp10 ribu dari harga saat ini Rp70 ribu per kilogram. Hal itu berbeda dengan harga cabai yang cenderung turun, setelah sempat naik di awal puasa.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Mandiri Kelapa Gading, Imam menuturkan, harga daging terus merangkak naik dari sebelumnya Rp65 ribu per kilogram saat sebelum puasa. Ia memprediksi, sepekan sebelum puasa harga daging sapi dapat mencapai Rp80 ribu per kilogram.

"Pasti naik mendekati lebaran, bisa mencapai 80 ribu per kilogram," ujar Imam di Pasar Mandiri Kelapa Gading, Jakarta, Senin 30 Agustus 2010.

Akibat naiknya harga daging tersebut, Imam mengaku mengalami penurunan omzet penjualan dari biasanya. Pada hari biasa, dia dalam sehari sanggup menjual 30 kilogram per hari, sekarang hanya mampu menjual 20 kilogram daging sapi per hari.

Berbeda dengan harga daging, harga cabai keriting merah turun menjadi Rp20 ribu per kilogram yang sebelumnya sempat mencapai Rp28 ribu per kilogram. Penurunan harga ini sudah dirasakan pedagang 10 hari terakhir.

"Harga turun, karena pasokan banyak sehingga membuat harga stabil," ujar Yanto, pedagang cabai di Pasar Mandiri.

Kenaikan harga daging itu diakui Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Namun, untuk harga barang kebutuhan lainnya seperti cabai dan telor sudah turun.

"Beberapa harga telah stabil, seperti minyak goreng dan gula," ujar Mari.

Mari menjamin, seluruh kebutuhan barang pokok akan tersedia hingga akhir tahun ini. Bahkan, untuk menahan laju kenaikan harga beras, Mendag telah meminta Bulog melaksanakan operasi pasar.

Pantauan VIVAnews di Pasar Mandiri Kelapa Gading, harga daging sapi saat ini mencapai Rp70 ribu per kilogram, cabai kriting merah Rp20 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp45 ribu per kilogram, bawang merah Rp12 ribu per kilogram, dan telor Rp14 ribu per kilogram. (art)

Laporan: Iwan Kurniawan

Ngerinya Biro 121, Senyap sampai Bikin AS Nyapnyap
Manchester United vs Arsenal

Arsenal Terbantu Buntunya Manchester United

Arsenal membawa pulang tiga poin dari Old Trafford, markas Manchester United dalam pertandingan lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 13 Mei 2024. Mereka menang 1-0.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024