Trans Pacific Pasok Premium

VIVAnews - Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI) untuk pertama kalinya memasok bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dengan oktan 88 sebanyak 50 ribu barel per hari. Pasokan ini dikiirim ke Kilang Cepu milik PT Pertamina.

Kendati tidak memenangkan kontes dalam pendistribusian BBM bersubsidi, Trans Pacific memiliki peluang memasok BBM melalui penunjukkan tidak langsung. "Trans Paciific hanya memasok ke Cepu, sedangkan distribusi BBM bersubsidi tetap dipegang Pertamina," ujar Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Tubagus Haryono, dalam pesan singkatnya, Selasa 22 Desember 2008. 

Tubagus menjelaskan alasan memilih kembali Pertamina sebagai pemenang distributor BBM bersubsidi, karena Pertamina mendapat nilai tertertinggi dalam proses tender. Penilaian ini mencakup penilaian administratif yaitu ijin usaha, menguasai fasilitas penyimpanan, angkutan dan penjualan, beroperasi di dua wilayah distribusi niaga (WDN), mempunyai cadangan operasional, menguasai jaringan distribusi, mempunyai kemampuan finansial, laporan keuangan yang diaudit, serta mematuhi paraturan pemerintah. 

Dilihat dari sisi komersial, seperti besaran alpha (selisih harga) sampai titik serah lebih rendah dibandingkan badan usaha lain, tata cara verifikasi, term pembayaran, garansi bank, besarnya cadangan operasional, masa penugasan yang diinginkan, dan rencana pengembangan jaringan distribusi.

Sedangkan dari sisi fasilitas, Pertamina dinilai lebih unggu dalam hal penyimpanan, yaitu memiliki tanki darat dan tangki apung (floating storage), alat transportasi, serta penyalur BBM seperti SPBU yang memadai.

Hasil penilaian ini berdasarkan verikasi lapangan yang dilakukan tim teknis ke seluruh wilayah yang ditawarkan, seperti Sumatra Utara, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Barito.

Lisa Blackpink Dirumorkan Berkencan dengan Putra Miliarder Prancis, Frederic Arnault
BIN Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Meriahnya Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan Bersama BIN

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menggelar nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U 23 antara Timnas Indonesia vs Timnas Uzbekistan.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024