Demo Tolak Kunjungan SBY

Mahasiswa dan Polisi Perang Batu di Makassar

Rusuh demo Pansus Century di depan Gedung DPR
Sumber :

VIVAnews -- Aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berujung pada lempar batu dengan polisi.

Awalnya, sekitar 200 mahasiswa berdemonstrasi di depan kampus UMI di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar pada pukul 13.00 waktu setempat.

Mereka menyampaikan tuntutan, salah satunya, menolak kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Makassar. Rencananya, Presiden akan datang besok, Selasa 19 Oktober 2010 dalam rangka rakor Gubernur se-Indonesia.

"Kami juga mendesak usut tuntas kasus Bank Century, usut tuntas kasus korupsi di Indonesia, menolak pelanggaran HAM, dan meminta pihak intelektual kawal penyelesaian kasus-kasus yang ada," kata koordinator aksi, Muhammad Ali, Senin 18 Oktober 2010.

Namun, mahasiswa tak sekadar menyampaikan tuntutan. Mereka memblokir jalan, membakar ban bekas, bahkan menyandera mobil tanki Pertamina.

Melihat demonstrasi yang mengganggu ketertiban umum, polisi pun datang. Namun, jumlah aparat tak sebanding dengan jumlah mahasiswa. Mereka hanya 30 orang.

Pengamatan VIVAnews, polisi mencoba melakukan negosiasi dengan pihak mahasiswa -- agar mereka membuka blokade jalan. Namun negoisasi itu buntu, sehingga bentrokan.

Sekitar pukul 14.00 waktu setempat aksi lepar batu terjadi. Bahkan, mahasiswa mengejar polisi hingga sejauh 100 meter dari kampus, sambil melempari batu.

Pasukan anti huru hara lantas balas melempar ke arah mahasiswa. Sesekali terdengar tembakan peringatan. Itupun, tak dihiraukan mahasiswa.

Serangan yang ditujukan para polisi tak hanya datang dari mahasiswa UMI. Saat mundur -- ketika polisi melintas di depan Universitas 45 -- mereka juga dilempari batu.

Akhirnya polisi dan mahasiswa di Universitas 45 juga terlibat aksi saling lempar batu selama 10 menit.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Beberapa orang hanya terlihat luka memar.

Polisi menangkap satu mahasiswa yang diduga terlibat. Mahasiswa itu dilarikan menggunakan motor perintis.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Polwiltabes Makassar soal kejadian ini. (umi)

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

Laporan: Rahmat Zeena| Makassar

Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024