Sungai Meluap, Ribuan Warga Medan Mengungsi

Warga Medan menerjang banjir akibat luapan sungai
Sumber :
  • PRB Medan

VIVAnews - Curah hujan yang tinggi tadi malam membuat Sungai Deli dan Sungai Bah Bura di Kota Medan, Sumatera Utara meluap. Ketinggian sungai yang naik sampai empat meter itu membuat ribuan warga mengungsi.

Peningkatan debit air yang terjadi sejak Kamis 6 Januari 2010 sekitar pukul 03.00 WIB, juga terlihat di Sungai Denai yang berada di kawasan Jalan Panglima Denai Medan.

Di kawasan Tanjung Anom, perbatasan Kota Medan dengan Kabupaten Deli Serdang, naiknya debit air sungai dini hari tadi menghanyutkan sejumlah rumah. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pantauan di sejumlah kawasan pinggiran sungai di Kota Medan, arus sungai cukup deras. Tingginya debit air membuat ratusan rumah di pinggiran Sungai Bah Bura terendam. Hingga siang ini, warga masih terus berusaha menyelamatkan harta benda yang sempat terendam air.

Menurut Hermida (54), warga Jalan Kejaksaan Lingkungan VII, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Petisah yang rumahnya dilalui Sungai Bah Bura, kejadian seperti ini sudah lama tidak terjadi. "Airnya  naik cepat, tidak seperti biasanya. Habis hujan tadi malam air baru naik," ujarnya.

Saat ini, warga membuat posko-posko banjir di kawasan pemukiman. Mereka juga meminta bantuan kepada warga yang melintas di jalan. (adi)

Laporan: PRB | Medan

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024