Satgas: Polri yang Undang Kami ke Singapura

Gayus Tambunan Diciduk Satgas
Sumber :

VIVAnews - Anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Mas Achmad Santosa membantah tuduhan telah merekayasa pertemuan Satgas dengan Gayus Tambunan di Singapura. Menurutnya, Satgas terbang ke Singapura atas undangan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Pol. Ito Sumardi.

"Kalau sebut rekayasa, berarti dia (Gayus) menuduh Polri melakukan rekayasa. Itu tidak mungkin," kata Mas Achmad yang biasa disapa Ota ini kepada wartawan, Rabu, 19 Januari 2010.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Satgas, tambahnya, memiliki notulensi pembicaraan Satgas dan Gayus saat bertemu di Singapura. Notulensi ini, menurut dia, sudah diserahkan ke kepolisian dan pengadilan. Dalam kesempatan itu, Ota juga membantah telah menjanjikan status Gayus akan 'aman' juga mau bekerja sama. "Kami hanya mengatakan hal normatif saja," kata Ota.

Saat itu, kata dia, Gayus memang bertanya apa yang didapat jika membuka masalah mafia hukum dan pajak tersebut. Lantas, lanjut dia, Satgas menjelaskan masalah remisi dan grasi yang ada dalam Undang-Undang (UU) 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Namun, keputusan akhir mengenai keringanan hukuman itu ada di tangan hakim. "Jadi, Denny dan saya tidak memberikan janji apapun kepada Gayus," tegasnya.

Menurut Ota, Satgas ingin mengungkap mafia hukum dan pajak dan berharap Gayus bisa menjadi whistle blower. Sistem hukum Indonesia, lanjutnya, memberikan peluang keringanan hukuman bagi saksi sekaligus pelaku sebuah tindak pidana yang bekerja sama dengan penegak hukum.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Gayus membuktikan janjinya untuk "buka-bukaan" usai divonis tujuh tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini. Ia mengungkapkan ada banyak rekayasa dalam kasus yang membelitnya, salah satunya mengenai kepergian dia ke Singapura dan arah kesaksiannya. Ia menyatakan kepergiaannya ke Singapura adalah atas permintaan Satgas.

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Partai Nasdem menyatakan akan bergabung dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah sang ketua umum Surya Paloh bertemu dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024