KPK: Peran Nunun Penting di Kasus Cek Pelawat

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • gresnews.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan Nunun Nurbaeti Daradjatun memiliki posisi penting dalam kasus suap pemberian cek pelawat usai pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

"Sangat penting. Kamu lihat saja fakta di persidangan. Kan di situ ada keterangan dari terdakwa dan saksi tentang seberapa pentingnya Nunun," kata Wakil Ketua Bidang Penindakan KPK, Bibit Samad Riyanto, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 11 Februari 2011.

Bibit pun kemudian menggambarkan mengenai posisi kasus suap cek pelawat ini. "Ada pemberi dan penerima. Dan ada perantara. Perantara ini yang tahu dua-duanya," ujar Bibit. "Dan perantaranya masih diam." Apakah itu yang dimaksud adalah Nunun? "Tak tahu siapa," kilah Bibit.

Saat ditanya apakah KPK sudah mencari opini kedua mengenai kondisi Nunun yang mengaku sedang sakit, menurut Bibit, pihaknya belum pernah memeriksa Nunun. "Kami tidak bisa memaksa, kalau tersangka baru bisa dipaksa. (Nunun) pernah dipanggil tapi tim dokternya yang datang. Bagaimana mau second opinion, yang bersangkutan keberadaannya saja kita tidak tahu," ujarnya.

Keterlibatan Nunun dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ini beberapa kali disebut dalam persidangan Dudhie Makmun cs. Dalam persidangan terungkap bahwa cek pelawat yang diterima Dudhie cs berasal dari Nunun melalui Arie Malangjudo.

Hakim kemudian memerintahkan untuk menghadirkan Nunun dalam persidangan. Namun hingga panggilan ketiga, jaksa KPK tidak dapat menghadirkan Nunun dalam persidangan dengan alasan sakit. Bahkan jaksa pun tidak pernah membacakan keterangan Nunun dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Dalam putusannya, Majelis Hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, menyatakan Dudhie cs terbukti menerima cek pelawat. Hakim menegaskan bahwa cek pelawat yang diterima Dudhie Makmun Murod cs berasal dari Komisaris PT Wahana Esa Sejati, Nunun Nurbaeti Daradjatun. (adi)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024