Malaysia Juga Terapkan Bea Masuk Royalti Film

Foto Ilustrasi Layar Bioskop
Sumber :
  • slashfilm.com

VIVAnews - Keputusan importir film Amerika yang tidak menayangkan film Hollywood mengejutkan banyak pihak, terutama pecinta film. Alasannya, importir film itu tidak setuju dengan pengenaan bea masuk royalti film.

Namun, pengenaan bea masuk royalti film impor tidak hanya dikenakan oleh pemerintah Indonesia. Negara lain seperti Malaysia juga menerapkan hal serupa. Pemerintah Malaysia juga harus menghadapi kendala dari para distributornya terkait tambahan bea masuk tersebut.

"Informasi informal dari delegasi Indonesia di Asean Custom di Brunei Darussalam mengatakan, di Malaysia juga masih ada kasus seperti ini. Di mana mereka juga mengenakan bea masuk royalti," kata Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea Cukai, Heri Kristiono, dalam keterangan pers di kantor Ditjen Bea Cukai, Jalan Ahmad Yani, Jakarta, Senin, 21 Februari 2011.

Menurut Heri, dalam pertemuan dengan representatif dari Motion Picture Association (MPA) yang digagas Bea Cukai, lembaga tersebut menganggap pengenaan bea masuk royalti yang dilakukan Bea Cukai adalah tindakan legal.

"Memang ada negara yang mengenakan dan ada yang tidak. Tapi, informasi ini masih bersifat informal," katanya.

Pemerintah juga mengungkapkan Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N) juga mengeluhkan adanya perlakukan berbeda antara film domestik dan film impor.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Hal tersebut disampaikan kepada Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan. BP2N meminta agar pemerintah mengkaji untuk tidak hanya mengenakan bea masuk berdasarkan copy film per meter semata.

"Mereka minta ditinjau agar film domestik bisa hidup berdampingan dengan film impor karena mereka sulit hidup dengan kondisi seperti itu," kata dia. (art)

Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 akan jadi sajian di semifinal Piala Asia U-23 2024. Duel kedua tim akan dilangsungkan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024