Menkes: Harga Obat Generik Tak Naik Tahun Ini

ilustrasi pil kontrasepsi
Sumber :

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih memanggil para produsen obat generik terkait rencana menaikkan harga obat yang beredar di masyarakat. Menteri meminta para produsen tak menaikkan harga pada 2011 ini.

"Saya sudah panggil para produsen obat itu, dan mereka berjanji tak menaikkan harga obat generik tahun ini," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, Jumat, 4 Maret 2011.

Ia menambahkan, alasan produsen atau perusahaan obat menaikkan harga karena setiap tahun mereka harus menaikkan gaji karyawan. Meski demikian, Endang mengimbau kepada para produsen agar kenaikan harga obat generik itu ditinjau kembali. Soalnya, pemerintah tak memiliki anggaran mensubsidi kenaikan itu.

"Subsidi bukan diberikan kepada perusahaan, subsidi diberikan kepada masyarakat. Sekarangkan Jamkesmas tidak bayar," kata Endang.

Endang menjelaskan, untuk tahun ini harga obat Generik tak naik. Namun tahun depan belum tahu. "Karena itu sistemnya juga kami ubah secepatnya," kata dia.

Saat ini terlalu banyak obat jenis yang sama beredar. Itu adalah persaingan yang tidak sehat. "Kami akan buatkan sistem yang baik, sehingga jenis obat tidak terlalu banyak," katanya.

Laporan Erick Tanjung | Yogyakarta

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta
 Artis Senior Epy Kusnandar tertangkap atas kasus kepemilikan zat narkoba jenis ganja oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Jumat 10 Mei 2024.

Sosok Epy Kusnandar, Aktor Multitalenta yang Terjerat Kasus Narkoba

Epy Kusnandar, aktor Indonesia yang dikenal luas lewat perannya di preman pensiun, baru-baru ini mengejutkan publik dengan kabar penangkapannya terkait kasus Narkoba

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024