SCTV Akuisisi Indosiar, Apa Kata Bos MNC?

Hary Tanoesoedibjo
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Manajemen MNC Group menilai rencana akuisisi PT Indosiar Karya Media Tbk oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, induk usaha PT Surya Citra Media Tbk merupakan upaya untuk menekan beban biaya. Surya Citra Media adalah pengelola stasiun televisi, SCTV.

Chief Executive Officer (CEO) MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, mengatakan, persaingan industri media televisi yang terlalu ketat akan memicu biaya tinggi bagi pengelola stasiun televisi. "Bayangkan, persaingan tinggi akan memicu rate card (tarif iklan) yang tinggi antar stasiun televisi, sehingga biaya yang dikeluarkan akan tinggi pula," ujar Hary di Jakarta, Selasa, 29 Maret 2011.

Dia menambahkan, rencana akuisisi yang dilakukan induk pengelola SCTV terhadap Indosiar saat ini masih semi akuisisi karena besarannya baru 27,24 persen. "Saya rasa dalam beberapa waktu, akuisisi akan berlanjut sehingga konsolidasi akan terus berjalan full seperti RCTI dan Global TV," ujar dia.

Ia mengatakan akuisisi itu dapat menjadikan industri televisi menjadi lebih segmented. "Kalau fragmented akan sulit bersaing," tuturnya. Konsolidasi industri televisi, dia melanjutkan, secara kompetisi lebih baik. "Lebih efisien, sehingga saling berkesinambungan," kata dia.

Seperti diketahui, per 1 Maret 2011, Elang Mahkota telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat dengan PT Prima Visualindo, selaku pemegang saham Indosiar, sehubungan dengan pembelian 551.708.684 saham atau setara dengan 27,24 persen dari total saham Indosiar.

Harga pembelian untuk saham-saham itu adalah Rp900 per unit dengan total nilai transaksi sebesar Rp496,537 miliar. Tujuan pengambilalihan saham ini adalah untuk menjadi pemegang saham pengendali di Indosiar.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024