Bupati 'Narkoba' Ini Pernah Diadukan ke DPR

Albert Torey
Sumber :
  • fakultaskedokteranonline.blogspot.com

VIVAnews - Polisi menangkap basah Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Alberth Torey (sebelumnya ditulis Albert Torey), sedang menghisap narkoba jenis shabu. Informasi yang dihimpun VIVAnews, tindak-tanduk Alberth rupanya sudah lama dicium warga.

Pada Senin 10 Januari 2011 lalu, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bernama Kampak Papua pergi menemui Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat menceritakan perilaku buruk bupati yang wilayah kepemimpinannya mencakup Wasior, sebuah distrik yang baru saja luluh lantak terkena banjir bandang beberapa bulan lalu.

Dorus Wakum, Kordinator Umum LSM Kampak Papua, meminta Alberth segera ditangkap, karena disinyalir menggunakan narkoba dan melakukan tindak pidana korupsi. Hal tersebut disampaikan dalam Audiensi Masyarakat Papua yang diterima langsung oleh Ketua Komisi III DPR, Benny K. Harman (F-PD) , Paskalis Kossay (F-PG), dan Irene Manibuy (F-PG) di Ruang Rapat Pimpinan DPR RI, Gedung Nusantara III.

“Kami menginginkan Bupati kami segera diadili, karena telah banyak bukti yang menyatakan bahwa dia adalah pemakai shabu-shabu dan selama masa jabatan 5 tahun belum pernah mempertanggungjawabkan keuangan masa jabatannya,” kata Dorus seperti dilansir laman resmi DPR.

Saat itu, Ketua Komisi III Benny K Harman menjelaskan, “DPR itu tidak mempunyai kewenangan hukum untuk menangkap ataupun memidanakan seseorang, tetapi kami berjanji akan meneruskan permasalahan ini kepada pihak yang berwenang menangani kasus ini, entah itu KPK ataupun lembaga lainnya."

Dorus menambahkan, Masyarakat Papua tidak setuju Alberth H Torey dilantik sebelum adanya pertanggungjawaban keuangan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) harus memeriksa Alberth. “Apa susahnya BNN menangkap Alberth jika sudah terbukti sebagai pemakai narkoba,” katanya.

Namun rupanya, polisi sudah bertindak. Jumat dinihari, 1 April 2011, Alberth ditangkap polisi saat asyik mengisap narkoba jenis shabu di kediaman pribadinya di Manokwari.  Polres Manokwari  menangkap bupati bersama istri keduanya bernama Viviani serta mengamankan barang bukti shabu 2 paket kecil  berat bersih 0,89 gram dan 3 bong alat hisap, alumunium foil, dan korek api gas.

''Bupati Teluk Wondama ditangkap di rumahnya di Manokwari, saat sedang asyik mengisap  shabu bersama istri keduanya,'' kata Juru Bicara Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Wachyono. (umi)

26 Negara Uni Eropa Minta Netanyahu Hentikan Rencana Serangan Darat di Rafah
Ilustrasi bom.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Sekolah dan institusi Slovakia termasuk bank-bank di negara itu menerima lebih dari 1.100 ancaman bom.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024