Amankan Paskah, Surabaya Siagakan 2000 Polisi

Pengamanan Paskah di Surabaya
Sumber :

VIVAnews – Teror bom di sejumlah daerah membuat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya meningkatkan pengamanan Paskah. Mereka menurunkan ribuan personel dan menjaga berbagai gereja yang ada di kota itu. “Kami ingin memastikan keamanan masyarakat,” kata Plh Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP Suparti.

Dari sekitar 414 gereja yang ada di Surabaya, sebanyak 398 gereja menggelar perayaan Paskah. Oleh karena itu, sekitar 2.000 polisi telah diterjunkan sejak Kamis, 21 April 2011 kemarin, untuk melakukan penjagaan. “Tiap gereja dijaga oleh 2 personel. Untuk gereja besar, (personel yang menjaga) lebih banyak, disesuaikan dengan kebutuhan, bisa sampai 15 personel yang dibagi dalam 3 shift,” papar AKP Suparti.

Polrestabes Surabaya menekankan, mereka tidak ingin ada kejadian apapun yang mengusik ibadah umat Kristiani dalam memperingati wafatnya Isa Almasih. Menurut AKP Suparti, ada 13 gereja di Surabaya yang mendapatkan perhatian khusus dari pihak kepolisian, karena keamanannya yang relatif rentan dibanding gereja-gereja lainnya.

Ke-13 gereja itu antara lain Gereja Kristus Raja di Jalan Residen Sudirman, Gereja Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen, Gereja Algon di Jalan Satelit Indah, Gereja Sakramen Maha Kudus di Jalan Pegasangan Baru, Gereja Yakubus di Lakarsantri, dan Gereja Hati Kudus di Jalan Polisi Istimewa.

“Jamaah di gereja-gereja itu banyak, sehingga pengamanan harus ditingkatkan,” terang AKP Suparti. Dalam menjaga menjaga gereja-gereja itu, personel kepolisian juga dibantu oleh tim gegana dari Polda Jawa Timur. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung, sebelumnya juga telah turun langsung guna meninjau keadaan. (eh)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024
Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 akan jadi sajian di semifinal Piala Asia U-23 2024. Duel kedua tim akan dilangsungkan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024