11-5-98: India Diam-diam Tes Senjata Nuklir

Rudal berhulu ledak nuklir jarak jauh Agni III milik India
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 13 tahun yang lalu, India mengumumkan telah menjalani  uji coba bom nuklir. Itu merupakan kali pertama India melakukan uji coba senjata pemusnah massal itu sejak 1974.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa India melakukan tes tanpa memberi peringatan kepada masyarakat internasional. Itulah sebabnya muncul kemarahan atas tindakan diam-diam yang dilakukan India, terutama dari Pakistan.

Pasalnya, uji coba itu berlangsung di Pokhran, wilayah padang pasir yang hanya berjarak 150 km dari perbatasan India-Pakistan. Masyarakat internasional khawatir bahwa uji coba bom nuklir itu bisa memancing ketegangan lebih lanjut antara India dan Pakistan, yang juga mampu membuat sejata nuklir.

Namun, Perdana Menteri India saat itu, Atal Behari Vajpayee, memastikan bahwa uji coba berlangsung aman dan sukses serta mengeluarkan radioaktif ke lapisan atmosfer.

India juga diketahui berhasil membangun rudal jarak pendek dan jarak jauh, yaitu Prithvi (150 km) dan Agni (2.500 km), yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024