KPK Belum Ketahui Nunun Ditangkap di Bangkok

Adang Daradjatun dan Nunun Nurbaeti
Sumber :
  • daylife.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi masih mencari tahu kebenaran ditangkapnya Nunun Nurbaeti Daradjatun di Bangkok.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Saya cek dulu kabar tersebut," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 31 Mei 2011.

Sebelumnya, pihak Kedutaan RI di Thailand mengaku belum menerima informasi tersebut. "Kedutaan sampai saat ini, sampai saya bicara dengan Anda, belum menerima informasi tentang itu," kata Sekretaris Pertama KBRI di Thailand, Suargana Pringganu, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Menurut Suargana, sampai kini belum ada laporan yang masuk terkait adanya penangkapan istri mantan Wakil Kapolri yang juga anggota DPR, Adang Daradjatun itu. Meski demikian, Kedutaan RI akan mencari tahu informasi yang beredar itu.

Nunun menjadi tersangka sejak akhir Februari 2011. KPK menduga Komisaris PT Wahana Esa Sejati itu terlibat dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia. Nunun diduga memberikan sesuatu kepada anggota DPR periode 1999-2004.

Atas tuduhan itu, Nunun dijerat dengan pasal penyuapan yang diatur dalam Pasal 5 ayat (1) huruf b dan atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Amien Rais menilai ketidakmampuan KPK membawa pulang Nunun ke Indonesia merupakan hal yang lucu. "Seolah KPK menjadi kerdil dan tidak ada pamornya sama sekali. Padahal, kalau mau tentu KPK tahu persis di mana Nunun berada. Semua itu adalah dalih," kata Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN tersebut.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024