Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti

Supernova yang terdeteksi di M51, galaksi tetangga Bima Sakti
Sumber :
  • dailygalaxy.com

VIVAnews - Sebuah bintang baru terdeteksi oleh beberapa astronom amatir asal Perancis. Ia terdeteksi dalam pemantauan PTF Sky Survey yang dilakukan antara 31 Mei sampai 1 Juni lalu dan berada di lengan milik galaksi tetangga dekat, yakni M51.

Fenomena tersebut juga berhasil didokumentasikan oleh peralatan baru milik Martin Kraar Obesrvatory di Weizmann Institute, dan juga Wise Observatory milik Tel Aviv University di Mitzspe Ramon, Israel.

Kini bintang yang muncul akibat ledakan supernova itu tengah dipelajari oleh tim peneliti internasional, termasuk di antaranya dari Israel, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan negara-negara lain.

Sebelum ini, supernova terakhir yang diamati di M51, sebuah galaksi berjarak 26 juta tahun cahaya dari Bumi, terjadi pada tahun 2005 lalu. Dikutip dari Daily Galaxy, 8 Juni 2011, supernova diperkirakan muncul sekitar 1 kali dalam 100 tahun di galaksi manapun.

Seringnya fenomena supernova yang terjadi di M51 dapat dijelaskan dari interaksinya dengan galaksi lain yang sangat dekat. Kedekatan ini menyebabkan proses terbentuknya bintang berukuran raksasa menjadi semakin cepat.

Akibat cepatnya proses pembentukan bintang raksasa, terjadi pula percepatan hancurnya bintang berukuran sangat besar yang menimbulkan ledakan supernova.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika
Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024