Pemakaian Listrik Jawa-Bali Melonjak

Menara SUTET Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Sumber :
  • cbc.ca

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara memastikan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tidak akan mengakibatkan berkurangnya pemakaian listrik secara drastis. Hal yang menjadi perhatian konsumen justru jaminan ketersediaan pasokan listrik yang dapat disediakan PLN.

"Hal ini merupakan dilema bagi kami, apakah pertumbuhan seperti ini harus ditahan hanya karena kemampuan kita yang terbatas," kata Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 13 juni 2011.

Dahlan mengungkapkan, pengalaman PLN saat mencabut capping TDL pada tahun 2010 menunjukan kenaikan tarif listrik tidak menurunkan kapasitas listrik yang dipakai konsumen. Malah, pemakaian listrik setelah pencabutan capping TDL terus menanjak dan memecahkan rekor pemakaian listrik setiap minggunya.

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Kenaikan pemakaian listrik ini terjadi di Indonesia Timur yang pemakaian listriknya naik sebanyak 24 persen padahal awalnya hanya diperkirakan hanya akan naik sebesar 9 persen. Sedangkan Indonesia Barat, pemakaian listrik naik 17 persen dari direncanakan hanya sebesar 11 persen.

"Rekor baru di Jawa-Bali pemakaian listrik mencapai 18.970 megawatt pada bulan lalu. Setahun pemakaian listrik naik 3.000 megawatt," kata Dahlan.

Truk TNI Melintas di Jalur CFD Jakarta, Kapendam Jaya Minta Maaf

PLN, ujar Dahlan, selama ini berkomitmen untuk menjamin pemerataan energi di seluruh wilayah Indonesia. Tekad untuk mencapai hal itu diupayakan dengan merealiasasikan pembangunan pembangunan listrik tenaga surya (PLTS) di 100 pulau.

Upaya lain adalah merangkai pulau-pulau dengan kabel bawah laut serta pemakaian gas alam yang sudah dikompresi pada saat beban puncak.

PLN juga terus berupaya mendekatkan gardu-gardu induk ke potensi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), penggunaan PLTU sewa untuk mengatasi biaya pokok produksi, mendorong listrik prabayar, serta mengeluarkan kebijakan kenaikan daya listrik secara gratis untuk masyarakat mampu yang menggunakan 450-900 VA, serta menggeser beban puncak ke tengah malam.

Witan Sulaeman dalam laga Indonesia U-23 vs Jordania U-23

Witan Sulaeman Beri Kabar Baik soal Timnas Indonesia

Winger timnas U-23 Indonesia, Witan Sulaeman, memberikan kabar baik soal Timnas Indonesia U-23 usai berlaga di Piala Asia U-23 dan play off Olimpiade.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024