Harga Beras Picu Inflasi Juli 0,67%

DR. Rusman Heriawan (Kepala Badan Pusat Statistik)
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Badan Pusat Statistik mencatat inflasi pada Juli 2011 sebesar 0,67 persen, sehingga laju inflasi Januari-Juli (year to date) mencapai 1,74 persen. Sementara itu, laju inflasi year on year turun dari 5,54 persen hingga Juni menjadi 4,61 persen pada Juli 2011.

"Inflasi yoy 4,61 persen, jauh di bawah 5 persen," kata Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2011.

BPS mencatat, inflasi inti pada Juli 2011 sebesar 0,42 persen atau 4,55 persen secara yoy. "Yang menarik, tingkat inflasi yoy untuk inflasi umum dan inflasi inti, angkanya hampir sama," kata Rusman.

Selama Juli, penyumbang terbesar inflasi berasal dari komoditas beras dengan kontribusi 0,22 persen, diikuti daging ayam ras (0,13 persen), dan telur ayam ras (0,6 persen).

Komoditas lain yang ikut menyumbang tingkat inflasi pada bulan lalu adalah emas perhiasan dengan kontribusi pada inflasi sebesar 0,03 persen. Relatif tingginya kontribusi komoditas emas pada laju inflasi disebabkan harga emas di pasar dunia saat ini sedang melonjak tinggi.

BPS juga mencatat munculnya inflasi yang berasal dari biaya pendidikan sebesar 0,06 persen. Masuknya tahun ajaran baru menyebabkan biaya pendidikan menyumbang relatif tinggi pada laju inflasi Juli 2011.

"Semoga kementerian pendidikan dapat mengatasi gejolak biaya," kata Rusman.

Di samping sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, BPS juga melaporkan adanya beberapa komoditas bahan pokok yang mencatat penurunan harga. Setidaknya dua komoditas mengalami penurunan harga atau deflasi yaitu bawang putih sebesar 0,08 persen dan cabe rawit 0,03 persen. (art)

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil
Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Setiap orangtua wajib memberikan nafkah pada anak-anaknya. Nafkah yang diberikan seorang ayah kepada anak perempuan dengan laki-laki pun berbeda dalam aturan agama. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024