Kenalkan Sayuran Sejak Bayi dalam Kandungan

Ibu Hamil
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Anak Anda termasuk rewel makan sayuran? Mungkin ketika hamil, Anda tidak suka mengonsumsi sayuran. Sehingga, berdampak pada ketidaksukaan anak pada makanan kaya serat tersebut.

Seperti diansir dari Daily Mail, para peneliti dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia berpikir bahwa cara efektif membuat anak menyukai sayuran adalah memperkenalkannya dengan sangat dini. Yakni, ketika ia masih berada di dalam kandungan. Penelitian yang dipublikasi pada The Journal Pediatrics ini menemukan bahwa rasa diperkenalkan ibu melalui cairan ketuban.

"Rasa seperti vanila, wortel, bawang putih, anise, dan mint adalah rasa yang telah terbukti diperkenalkan melalui cairan ketuban atau susu ibu," ujar kepala penelitian, Julie Mennella.

Untuk membuktikan teori ini, para peneliti memberikan wanita kapsul bawang putih atau kapsul gula sebelum mengambil sampel cairan ketuban para responden. Mereka kemudian meminta beberapa orang mencium aroma sampel.

"Mereka dengan mudah membedakan sampel dari wanita yang memakan bawang putih," ujar Mennella.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa bayi yang berada di dalam kandungan dapat merasakan rasa makanan karena 90 persen indra perasa dipengaruhi oleh indera penciuman. Mereka kemudian melihat apakah memori di dalam kandungan tersebut dapat terbentuk sebelum kelahiran.

Melalui sebuah percobaan, sekelompok wanita hamil dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diminta untuk minum jus wortel setiap hari selama kehamilan mereka. Sementara, kelompok kedua meminum jus wortel selama menyusui, dan kelompok ketiga tidak mengonsumsi wortel sama sekali.

Ketika anak tumbuh dan mulai mengonsumsi makanan padat, para peneliti memberi mereka sereal dengan jus wortel. Mereka pun menemukan bahwa anak-anak yang sudah diperkenalkan wortel sejak di kandungan atau ketika menyusui, mengonsumsi lebih banyak sereal dengan rasa wortel tersebut.

Para peneliti mengatakan hal ini karena ibu cenderung memberi anak mereka makanan yang mereka makan. "Ini adalah cara alami untuk memperkenalkan bayi terhadap makanan dan rasa yang mereka sukai," kata Mennela

Linda Bartoshuk, seorang peneliti rasa dari Universitas Florida, mengatakan bahwa penelitian ini memiliki implikasi yang cukup besar terhadap kesehatan anak.

"Mungkinkan kita bisa memperkenalkan semua rasa makanan sehat pada anak seperti brokoli, wortel, kacang-kacangan, dan lain-lain? Dugaan saya semua ibu hamil bisa melakukannya," ujarnya. (adi)

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024
Pertandingan Liga1 pekan ke-33, Persis Solo vs Persita Tangerang

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Tim tuan rumah, Persis Solo harus mengakui keunggulan tamu mereka, Persita Tangerang dengan skor 1-2 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo Jumat 26/4

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024