Obama Datang, AS Pertanyakan Keamanan Bali

Presiden Obama di kampus Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • AP/Charles Dharapak

VIVAnews - Untuk kali keduanya, Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia. Sebagai Presiden Amerika Serikat. Ia diagendakan menghadiri pertemuan East Asia Summit 2011 yang digelar pada November mendatang di Bali.

Obama juga akan bertemu khusus dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membahas kerjasama yang telah terjalin antar kedua negara.

Kodam IX Udayana pun bersiap. Latihan-latihan untuk pengamanan tingkat tinggi mulai dipersiapkan. Perwakilan militer Negara Adidaya itu telah bertandang ke Markas Kodam IX Udayana untuk menanyakan secara khusus situasi keamanan di Bali.

"Kemarin pihak keamanan Amerika Serikat datang ke Markas Kodam. Selain untuk bersilaturahmi, kami juga mendiskusikan sedikit tentang situasi keamanan Bali," jelas Kapendam XI Udayana, Letkol Wing Handoko.

Meski sudah membahas situasi keamanan Bali, namun Handoko mengaku belum ada permintaan khusus dari pihak Amerika. "Tidak ada permintaan khusus. Belum juga ada koordinasi khusus dengan pihak pengamanan Amerika terkait pengamanan kedatangan Obama. Kami menunggu petunjuk dari Paspampres," kata dia.

Namun, ia mengaku protap pengamanan sudah dibicarakan. Umumnya, kata dia, sama seperti pengamanan super VVIP seperti yang dilakukan terhadap tamu negara. Komandonya tetap di bawah TNI. Ia pun sudah menyiapkan latihan-latihan khusus untuk pengamanan East Asia Summit 2011.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

"Tahap awal kami melibatkan angkatan darat saja. Tapi menjelang pelaksanaan baru akan ada latihan gabungan yang melibatkan seluruh komponen TNI (darat, laut dan udara), Paspampres, kepolisian, dan instansi jajaran terkait lainnya," terang Handoko.  (Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi)

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024