Menkeu: Krisis Eropa Lebih Serius

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan krisis yang terjadi di Eropa lebih serius dari yang diperkirakan. Pemerintah bahkan akan menyiapkan stimulus untuk menghindari kondisi terburuk yang terjadi.

"Dengan mengamati yang terjadi di Eropa saat ini, kami sudah memikirkan adanya stimulus yang kami perkirakan dilakukan pada semester I-2012. Sekarang kami akan bersiap untuk menghadapi krisis itu," kata Agus di Gedung DPR-RI, Jakarta, Kamis 15 September 2011.

Agus menambahkan, kondisi global saat ini lebih serius dari perkiraan. "Jadi, kami melihat kalau di Eropa seperti saat ini pengaruhnya besar sekali, dan akan berpengaruh pada negara tujuan ekspor kita," tambahnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang Brodjonegoro, menambahkan krisis global yang terjadi saat ini akan berpengaruh ke Indonesia. Pemerintah mengkhawatirkan kondisi serupa seperti krisis 2008.

"Krisis seperti 2008 akan terjadi pada 2012. Krisis global bisa lebih berat dari 2008," kata dia.

Menurut dia, pengaruh krisis global ini memang tidak akan berdampak langsung kepada Indonesia. Namun, krisis ini akan membawa dampak kepada negara tujuan ekspor Indonesia, sehingga mempengaruhi perekonomian dalam negeri.

Kekhawatiran terkait gentingnya ekonomi global juga disampaikan oleh Presiden Bank Dunia Robert Zoellick yang mengatakan perekonomian dunia telah memasuki zona bahaya baru. Negara di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat membutuhkan keputusan sulit untuk menghindari krisis yang mempengaruhi ekonomi global. (art)

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024