Karyawan Freeport Peru Juga Mogok

Demo Freeport
Sumber :
  • Banjir Ambarita

VIVAnews - Aksi mogok kerja ternyata bukan hanya dilakukan karyawan Freeport Indonesia. Karyawan Freeport-McMoran di Cerro Verde, Peru, juga sudah dua pekan mogok kerja, dimulai pada 29 September 2011.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Seperti halnya karyawan Freeport di Timika, pekerja di Peru juga meminta gaji lebih besar dari perusahaan yang menambang 312 ribu ton tembaga pada 2010 atau 2 persen suplai global itu. 

Kementerian Tenaga Kerja Peru sudah meminta Freeport menuruti keinginan pekerja itu. Jika tidak, akan diancam denda. "Dan berhenti menggantikan tugas karyawan yang mogok," kata laporan Kementerian yang diperoleh Reuters, 11 Oktober 2011.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Aksi mogok di Peru ini sangat bersejarah karena selama 40 tahun sejarah pertambangan ini, baru kali ini aksi pekerja ini dianggap legal. Mereka dibolehkan pemerintah tak bekerja tanpa harus khawatir dipecat.

Seorang juru bicara Freeport-McMoRan menyatakan pada Selasa lalu, "Beroperasi sesuai dengan hukum Peru dengan memperhatikan karyawan yang mogok." Namun tak menyebutkan secara jelas apakah akan membayar denda seperti yang diancam Kementerian.

Netizen Korea Selatan Ingin Orang Ini Mundur Usai Kalah dari Indonesia U-23

Sokongan pemerintah ini jelas berkat kepemimpinan baru Peru di tangan Presiden Ollanta Humala yang berasal dari sayap kiri. Mantan perwira militer ini memiliki hubungan dekat dengan kalangan pekerja, berbeda dengan pendahulunya, Alan Garcia, yang dikenal lebih mementingkan keberlangsungan investasi asing di negeri ini. (eh)

Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Setiap orangtua wajib memberikan nafkah pada anak-anaknya. Nafkah yang diberikan seorang ayah kepada anak perempuan dengan laki-laki pun berbeda dalam aturan agama. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024