Bekal Sukses Calon Koki Handal

Chef Marinka
Sumber :

VIVAnews - Farah Quinn, Rin Rin Marinka, dan Juna Rorimpande, adalah sederet nama yang turut menggairahkan dunia memasak di Indonesia. Mereka muncul sebagai celebrity chef, meneruskan kejayaan Rudi Chorudin, atau Ibu Siska.

Menjadi seorang koki profesional seperti mereka tak cukup dengan bekal hobi memasak. Perlu sebuah pendidikan untuk memperkaya ilmu dan mengasah keterampilan demi meraih peluang untuk menjadi koki global yang profesional, yang tak hanya bekerja di dapur.

Sebelum menekuni karier sebagai juru masak di sejumlah restoran di Amerika, Farah Quinn membekali dirinya dengan menempuh pendidikan diploma di Pittsburgh Culinary Institute, dengan konsentrasi pastry work.

Rin Rin menempuh jalur diploma French Cuisine and Patisserie di Le Cordon Bleu, Australia. Sementara Juna memiliki keberuntungan bisa belajar gratis kepada master sushi di sebuah restoran terkemuka di Amerika Serikat.

Sekolah Koki
Profesi koki agaknya semakin menggairahkan. Selain terekam lewat antusiasme peserta Master Chef Indonesia, juga semakin banyaknya mahasiswa Indonesia yang menekuni pendidikan diploma di At-Sunrice GlobalChef Academy, sebuah akademi kuliner di Singapura.

Budi Kurniawan, salah satu mahasiswa asal Indonesia merasakan betul manfaat belajar di sekolah tersebut. "Saya masuk ke sana sama sekali nggak bisa masak, tapi sekarang saya bisa ikut bersaing di industri kuliner tanah air," kata pemilik restoran 'Munchies' di Gandaria City.

Demikian juga William Chandra. Sebagai lulusan terbaik sekolah tersebut, pria yang sempat menyelesaikan pendidikan di NHI Bandung itu memiliki kesempatan berkarier sebagai koki di The Ritz Carlton Millenia Singapura.

Sekolah tersebut memiliki jalur diploma yang dapat diselesaikan dalam rentang 17 bulan: Culinary Arts dan Pastry & Bakery Arts. Konsep belajar yang mereka tawarkan memadukan antara belajar dan bekerja. Dua hari belajar di lingkungan sekolah, empat hari bekerja di sejumlah industri kuliner ternama.

Chief Executive Officer At-Sunrice GlobalChef Academy, Christophe Mege, mengatakan, sekolahnya menawarkan pendidikan seni kuliner dengan menerapkan keterampilan dan resep masakan. Mulai dari ketrampilan mengolah masakan Timur dan Barat, aplikasi rempah dan bumbu, hingga inovasi hidangan masa lalu dan masa kini. "Kami tak hanya mengajari mereka menjadi koki handal, tapi juga mastering energy."

Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Epy Kusnandar Ditangkap di Warung
suasana At-Sunrice GlobalChef Academysuasana At-Sunrice GlobalChef Academy
 
Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!
Masjidil Haram

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

Teknologi canggih mengatur suhu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi guna memastikan jemaah nyaman dan sehat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024