Sektor Telekomunikasi Bisa Naik Lebih Tinggi

Ilustrasi Telepon Menelepon
Sumber :

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai, industri logistik dan industri teknologi informasi dan komunikasi (ICT) akan tumbuh tinggi seiring dengan percepatan pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN pada 2015.

"Hambatan bisnis telekomunikasi saat ini relatif lebih sedikit dibandingkan sektor lain," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi, dan Logistik Natsir Mansyur ketika berbincang dengan VIVAnews.com di kantornya, Jakarta, Selasa, 8 November 2011.

Sayangnya, meski sudah tumbuh tinggi, dua industri ini masih kalah dibandingkan dengan negara lain. Karena itu, Kadin meminta pemerintah menurunkan biaya logistik, sehingga industri ini bisa jauh lebih kompetitif. "Ujungnya, industri telekomunikasi juga tumbuh lebih cepat," katanya.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Natsir mengatakan, pemerintah bisa menurunkan biaya logistik ini bisa dengan memperbaiki sejumlah infrastruktur, seperti jalan bebas hambatan dan pelabuhan.

Sebelumnya, kondisi bisnis di Indonesia selama triwulan ketiga mengalami peningkatan pesat hampir di semua sektor. Industri pengangkutan dan komunikasi merupakan sektor yang melonjak paling tajam.

Data Indeks Tendensi Bisnis (ITB) yang dilansir Badan Pusat Statistik pada Senin mencatat, nilai ITB sektor pengangkutan dan komunikasi mencapai 112,85, diikuti sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan dengan ITB 110,15. Selanjutnya disusul sektor konstruksi (108,83), sektor keuangan, real estat, dan jasa perusahaan (107,80), dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran (107,64).

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Slamet Sutomo, kondisi bisnis pada triwulan ketiga meningkat karena adanya peningkatan pendapatan usaha, penggunaan kapasitas produksi, dan rata-rata jam kerja. "Sektor Pengangkutan dan Komunikasi mengalami peningkatan tertinggi untuk pendapatan usaha dan rata-rata jam kerja," kata dia.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024