Pengusaha Siap Bayar Kenaikan UMP 2012

Buruh di pabrik perakitan sepeda motor di Karawang.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kalangan pengusaha berjanji membayar upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta pada 2012, yang naik menjadi Rp1.497.838. Keputusan itu dibuat oleh pemerintah dimana pengusaha dilibatkan dalam pembahasan UMP tersebut.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi keputusan kenaikan UMP itu tidak perlu dikritisi lagi. Pasalnya sebelum keputusan itu dibuat, Apindo telah diajak merumuskan bersama pemerintah DKI Jakarta. Sofjan mengatakan pengusaha akan mengikuti keputusan pemerintah untuk menaikkan gaji karyawan sesuai UMP 2012 itu.

"Kita nggak ada menaikkan sekarang, itu kan tahun depan. Kami sudah setahun bekerja merumuskan ini," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.

Seperti diketahui Dewan Pengupahan DKI dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memutuskan untuk menaikkan UMP DKI 2012 sebesar 16,11 persen dari UMP 2011 sebesar Rp1.290.000 menjadi Rp1.497.838.

Kepala Disnakertrans, Deded Sukendar, mengatakan kenaikan UMP 2012 sebesar 16,11 persen sudah mengakomodir kemampuan perusahaan membayar pekerjanya dan sesuai dengan angka kebutuhan hidup layak (KHL) yang telah ditetapkan Dewan Pengupahan.

425 Pelari Bertarung Jadi Tercepat di Bukit Lawang Orangutan Trail 2024

Menurut dia, Dewan Pengupahan telah melakukan survei besaran KHL di DKI Jakarta sebanyak sembilan kali di beberapa lokasi.

Disambut Kecewa

Tragedi Trans Putera Fajar di Subang, Aparat Mesti Berani Tindak Tegas PO Bus yang Bandel

Namun hasil rumusan itu disambut kecewa oleh forum buruh. Mereka akan mengadakan demonstrasi besar-besaran pekan ini.

Menurut Sekjen Forum Buruh Muhammad Rusdi, pihaknya akan melakukan mogok masal di kawasan berikat Cakung, Cilincing, Pulo Gadung, Pelabuhan mulai senin hari ini hingga Jumat.

Terkait demonstrasi ini, Sofjan enggan menanggapi. "Kemarin itu dewan upah didemo untuk menaikkan lagi, capek saya," ujarnya. (ren)

Merasakan Kemewahan Kuliner Prancis di Batam, Perpaduan Citra dan Rasa yang Menggoda
Jemaah haji Indonesia di Bandara Madinah

Melindungi Keamanan, Ini Imbauan Penting Petugas Jemaah Haji di Tanah Suci

Dalam aspek pelindungan, diperlukan kerja sama dari semua pihak, termasuk jemaah itu sendiri. Maka sejumlah imbauan disiapkan untuk dipahami dan dipatuhi para jemaah haji

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024