Incar Pasar Baru, Ekspor 2012 Bisa US$230 M

Target Pertumbuhan Ekspor 2010 : Peti Kemas
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah optimistis langkah ekspansi pasar ekspor baru seperti kawasan Afrika dan Amerika Selatan bakal mendongkrak nilai perdagangan Indonesia. Tak tanggung-tanggung, nilai ekspor tahun depan diperkirakan bisa mencapai US$230 miliar atau naik US$30 miliar dari target tahun ini.

"Kami akan fokus pada Februari ke Amerika Selatan dan Afrika. Itu pasar baru," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Gita mengakui hubungan dagang Indonesia dengan pasar baru tersebut selama ini cenderung kecil. Dengan alasan itu pula, pemerintah memutuskan untuk memilih kawasan pasar baru tersebut.

Dalam penilaian pemerintah, perekonomian di kedua kawasan tersebut begitu kuat. Dengan kondisi itu, pemerintah optimistis potensi peningkatan ekspor dari pasar-pasar baru ini masih cukup besar.

Namun, Gita memastikan langkah pemerintah itu tak lantas membuat Indonesia melupakan pasar lama yang sudah dimasuki produk-produk dari dalam negeri. Pemerintah berjanji akan menggali lebih dalam potensi pasar lama.

"Kami juga akan melakukan pendalaman terhadap pasar-pasar tradisional yang kemungkinan tidak akan terpengaruhi secara langsung oleh keadaan Eropa maupun Amerika," jelasnya.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krishnamurti, menambahkan kinerja ekspor tahun ini diperkirakan melampaui target yang dibuat pemerintah yaitu sebesar US$200 miliar.

Bayu mengungkapkan, nilai ekspor Indonesia pada tahun ini bisa mencapai US$208 miliar. Pencapaian ini tak terlepas dari langkah pemerintah yang tidak lagi mengandalkan komoditas tunggal serta tujuan ekspor yang lebih beragam.

Pencapaian kinerja ekspor 2011 yang melebihi target juga disebabkan nilai ekspor yang meningkat. Faktor tersebut mengalahkan sisi permintaan yang diakui mengalami penurunan. (art)

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024