ESDM: Mobil Baru Wajib Pasang Alat Konversi

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan bahwa pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dalam jangka pendek akan dimulai pada April 2012 mendatang.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Untuk itu, ke depan pemerintah akan menerapkan seluruh mobil baru sudah dilengkapi oleh alat konversi atau converter kit. Converter kit merupakan alat tambahan yang digunakan pada mobil untuk mengalihkan bahan bakar dari BBM ke gas.

Menurut Jero Wacik, nantinya seluruh kendaraan umum akan dialihkan dari BBM menjadi Bahan Bakar Gas (BBG). Pemerintah akan membagikan alat konverter secara gratis kepada angkutan umum. "Sedangkan untuk mobil pribadi, diminta untuk meninggalkan Premium," katanya di Jakarta, Kamis 5 Januari 2012.

Dia menuturkan, untuk mobil pribadi nanti akan ada dua opsi. Opsi pertama adalah menggunakan BBM non subsidi seperti Pertamax dan sejenisnya. Sedangkan opsi kedua, adalah pindah ke BBG karena harga BBG saat ini lebih murah dibandingkan Pertamax, bahkan Premium.

Untuk jangka panjang, lanjut Jero, pemerintah akan meminta kepada seluruh pabrikan mobil agar mobil-mobil baru telah dilengkapi oleh alat konverter. "Mungkin harganya akan nambah Rp15 juta, tetapi alat itu akan awet seumur hidup," katanya.

Pembatasan BBM ini, lanjut Jero, sangat dibutuhkan mengingat biaya produksi Premium mencapai Rp8.000 per liter tapi dijual hanya Rp4.500 per liter. "Kalau kita subsidi 40 juta KL itu berat sekali, sehingga subisidi ini akan kami atur kepada orang-orang yang pantas mendapatkan subsidi," ujarnya. (eh)

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024