Lima Negara Investor Terbesar di Indonesia

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • Kementerian Perdagangan

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan penanaman modal asing (PMA) yang masuk ke dalam negeri sepanjang 2011 mencapai Rp175,3 triliun. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dibandingkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp76 triliun.

Pemerintah Sepakat Pembahasan RUU MK Dibawa ke Rapat Paripurna

Sepanjang 2011, BKPM mencatat realisasi investasi mencapai Rp251,3 triliun.

Data BKPM yang dilansir Kamis, 19 Januari 2012 mencatat pemodal asing terbesar berasal dari Singapura yang menanamkan investasi hingga US$5,1 miliar. Diikuti Jepang sebesar US$1,5 miliar, Amerika Serikat (AS) US$1,5 miliar, Belanda senilai US$1,5 miliar, dan Korea Selatan US$1,2 miliar.

"Kami menggenjot investasi dari Singapura. Secara keseluruhan tahun, AS disalip Jepang. Jepang agak termotivasi dan Korea Selatan pertama kalinya masuk lima besar," kata Kepala BKPM, Gita Wirjawan di Jakarta, Kamis 19 Januari 2012.

Menurut Gita, Singapura tetap menempati urutan pertama, walaupun secara nilai investasi 2011 turun dibandingkan 2010. Pada 2010, investasi Singapura mencapai US$5,5 miliar. Sementara itu, posisi Inggris yang pada 2010 di peringkat kedua, terlempar dari lima besar.

Gita memprediksi nilai investasi Korea Selatan pada 2012 akan terus meningkat. Hal itu tak terlepas dari semakin meningkatnya investor Korea Selatan yang masuk Indonesia.

Jika dilihat dari sektornya, investor asing paling banyak menanamkan modal di sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebesar US$3,8 miliar. Sektor lain yang jadi bidikan adalah pertambangan US$3,6 miliar, listrik, gas, dan air sebesar US$1,9 miliar, industri logam dasar, barang logam, mesin, serta elektronik US$1,8 miliar, dan industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi senilai US$1,5 miliar.

"Realisasi PMA berdasarkan lokasi proyek, yang pertama masih DKI Jakarta sebesar US$4,8 miliar, Jawa Barat US$3,8 miliar, Banten US$2,2 miliar, Papua US$1,3 miliar, dan Jawa Timur US$1,3 miliar," katanya. (art)

Sekolah-sekolah di Mimika Antusias Ikuti Workshop Keamanan Digital
Kapal Tongkang Batu Bara

Jembatan Sungai Jambi Nyaris Ambruk Ditabrak Kapal Tongkang Batu Bara

Tiang Jembatan Sungai atau tepatnya di Jembatan Aurduri 1 Kota Jambi, Patah setelah ditabrak Tongkang bermuatan batu bara, warga melihat peristiwa tersebut langsung terke

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024