IHSG Bertahan di Level 4.000

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia bertahan di zona positif, meski sudah tiga hari berturut-turut menguat. Bahkan, level 4.000 kembali berhasil ditembus.

IHSG pagi ini, Jumat 20 Januari 2012 bertahan di level 4.000 karena dibuka menguat pada level 4.001,85. Saat prapembukaan tadi, indeks juga naik 9,04 poin atau 0,22 persen di posisi 4.010,12.

Menurut analis PT BNI Securities Maxi Liesyaputra, indeks berhasil menguat karena masih memiliki banyak sentimen positif yang mempengaruhi pergerakannya seperti Dow Jones menguat, bursa Eropa mencatat kenaikan tinggi, dan berbagai komoditas logam yang juga mencatat kenaikan harga.

"Sentimen positif lainnya adalah penguatan bursa regional Asia Pasifk pada pagi ini, seperti yang dialami oleh Nikkei dan Kospi," kata dia, dalam risetnya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Jumat.

Maxi memperkirakan, indeks di akhir pekan ini memiliki potensi besar untuk melanjutkan penguatannya dengan perkiraan kisaran pergerakan antara 3.995 sampai 4.050.

Sementara itu, pasar saham Asia diketahui bergerak lebih tinggi di awal perdagangan akhir pekan ini, seiring menguatnya bursa AS akibat positifnya laporan keuangan bank, klaim pengangguran yang berkurang, dan meningkatnya optimisme investor atas sentimen perbaikan di Eropa.

Seperti dilansir laman Market Watch, bursa Jepang, Nikkei Stock Average naik 1,3 persen, indeks Korea Selatan Kospi menguat 0,7 persen, dan bursa Australia S&P/ASX 200 terangkat 0,6 persen.

Selain itu, suksesnya lelang obligasi Perancis dan Spanyol yang membantu terjadinya reli di pasar Eropa, dan harapan bakal terjadinya kesepakatan antara pemerintah Yunani dan kreditor swasta turut menjadi sentimen positif ke pasar saham. (eh)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 11 Mei 2024
VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Soemitro

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Jenderal TNI (Purn) Soemitro Sastrodihardjo, yang dikenal sebagai salah satu panglima militer paling berpengaruh di era Orde Baru, memiliki kisah masa kecil yang unik dan

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024