Keuntungan Kerja Sama RI-Finlandia-Estonia

Kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa Indonesia mendapat keuntungan pertambahan nilai barang dengan adanya kerja sama dengan Finlandia dan Estonia.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, kunjungan delegasi kedua negara untuk menggali dan memperkuat potensi hubungan dagang antarnegara.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Sejauh ini, hubungan dagang Indonesia dengan Finlandia mencapai US$450 juta, sedangkan dengan Estonia sekitar US$24,7 juta.

"Mereka banyak sekali yang bisa dilakukan untuk bantu kita. Mudah-mudahan ini awal mula dari kerja sama ekonomi yang lebih besar," ujar Gita saat ditemui di acara Joint Estonian and Finnish Business Delegation Visit di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Dengan kerja sama ini, menurut Gita, berpotensi memperbesar kinerja ekspor Indonesia ke kedua negara tersebut. Potensi sektor yang akan mendapat keuntungan dari kerja sama ini adalah logistik, infrastruktur, oil refining, crane untuk pelabuhan serta telekomunikasi.

"Sangat besar (potensi ekspor). Mereka demand-nya untuk produk Indonesia juga sangat besar," tuturnya.

Keuntungan lain yang akan diperoleh Indonesia, Gita menambahkan, adalah bertambahnya lapangan pekerjaan dan peluang investasi di Indonesia. Namun, ia belum memberikan informasi mengenai kapan tepatnya implementasi rencana ini jika jadi terwujud.

"Bisa membuahkan lapangan kerja, kalau mereka mau buka perusahaan dan investasi di sini," tuturnya.

Sebagai informasi, ekspor Indonesia ke Finlandia didominasi oleh karet, mesin cetak, dan sepeda. Sementara itu, impor dari Finlandia antara lain peralatan elektronik, kertas dan papan serta mesin lainnya.

Investasi Finlandia di Indonesia meliputi bidang industri kehutanan, manufaktur, elektronik, telekomunikasi, dan peralatan tambang. (art)

Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024