Mengapa Tarif Listrik Perlu Naik

Pemerintah telah mencabut subsidi bagi golongan Rumah Tangga Mampu 900 VA pada awal tahun ini. Foto: petugas PLN sedang melakukan tambah daya.
Sumber :
  • http://www.pln.co.id

VIVAnews - Kementerian Keuangan berharap kebijakan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) cepat diterapkan. Tujuannya tidak lain agar pengelolaan keuangan negara dapat dilakukan dengan baik.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mejelaskan, kenaikan TDL harus diwujudkan paling lambat 1 April tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jebolnya anggaran subsidi listrik dalam APBN yang acap kali terjadi. "Seandainya tidak dilakukan, subsidi listrik akan membesar," kata Agus saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 2 Februari 2012.

Agus menambahkan, dengan pengurangan subsidi tersebut, ke depannya anggaran subsidi listrik diharapkan bisa jauh lebih hemat, sehingga pemerintah dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Selain itu, hasil efisiensi anggaran subsidi dapat dialokasikan ke pos lain unntuk menunjang program peningkatan kesejahteraan rakyat. "Jadi ini sesuatu yang secara pengelolaan keuangan kurang baik, sehingga harus dilakukan," tuturnya.

Sebab itu, Agus mengingatkan, pemerintah dan DPR segera menyepakari program ini, sehingga bisa segera dilaksanakan.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Sekadar informasi, pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik 10 persen pada 2012. Kebijakan itu merupakan konsekuensi menurunkan subsidi listrik dari Rp65 triliun menjadi Rp45 triliun pada 2012. Kenaikan yang akan dilakukan pada April mendatang tersebut untuk semua golongan, kecuali pelanggan berdaya 450 watt.

Namun rencana pemerintah tersebut menemui hambatan oleh Komisi VII DPR-RI. Dalam rapat kerja Komisi VII dengan Menteri ESDM pada 29 September 2011 lalu, Komisi VII meminta pemerintah melakukan kajian mengenai TDL secara komprehensif.

Kajian tersebut harus mencakup kemampuan bayar konsumen, inflasi, dampak terhadap industri besar kecil dan menengah, suplai energi primer dan dampak sosial secara keseluruhan kepada masyarakat luas.

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024