Renovasi Ruang Banggar

BK DPR: Anggaran Diduga Bocor ke Konsultan

Ruang Rapat Baru Banggar DPR
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews – Badan Kehormatan DPR menengarai ada nilai plafon proyek renovasi ruang rapat Badan Anggaran DPR yang bocor kepada konsultan perencana.

“Oleh karena itu konsultan perencana membuat spesifikasi cukup tinggi. Konsultan mungkin sudah tahu ada anggaran besar,” kata Ketua BK DPR M. Prakosa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

BK juga mengkritik Badan Urusan Rumah Tangga DPR yang tidak menggunakan kewenangannya mengawasi perencanaan dan pelaksanaan renovasi yang dilaksanakan oleh Sekretariat Jenderal DPR. Akibatnya, Setjen menggunakan plafon tertinggi dalam merenovasi ruang Banggar.

Saat ini, BK DPR menunggu hasil post-audit BPKP terhadap proyek renovasi ruang Badan Anggaran DPR senilai Rp20 milliar. Hasil audit itu nantinya akan menjadi bahan bagi KPK memproses hukum apabila ada mark-up dalam perencanaan anggaran renovasi ruang Banggar.

Data BPKP itu juga bisa digunakan BK untuk melihat apakah ada pelanggaran etika yang dilakukan anggota DPR terkait proyek renovasi ruang Banggar. Sejauh ini, BK melihat ada indikasi pelanggaran etika, di mana aspek perencanaan dan pelaksanaan proyek itu dinilai tidak dilakukan dengan baik.

“Kami sedang dalami kenapa BURT bisa melakukan pembiaran. Tapi itu masih indikasi. Mestinya BURT tidak boleh lepas tangan dan bilang tidak tahu apa-apa,” kata Prakosa.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak lantas puas 100 persen saat berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024