Menkeu Tak Dapat Laporan Soal Dhana

Menkeu Agus Martowardojo Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan keheranannya dengan laporan transaksi mencurigakan di Direktorat Jenderal Pajak oleh Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK). Heran karena Agus tak mendapat laporan soal itu langsung dari PPATK.

Pasalnya, semenjak tahun 2007 hingga 2011, PPATK secara rutin melaporkan transaksi mencurigakan kepadanya. "Jangan disampaikan ke Dirjen Pajak tapi ke saya tidak, paling tidak untuk koordinasilah," ujarnya saat ditemui dikantornya, Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Laporan pegawai Dhana Widyatmika, lanjutnya, baru diserahkan padanya pada pertengahan 2011. Padahal Ditjen Pajak sudah menerima itu semenjak awal 2011.

"Koordinasi seharusnya bisa jalan kalau seandainya pimpinannya dikasih tahu. Dengan begitu saya bisa jaga proses pengawasan dan perbaikan berjalan dengan seperti yang direncanakan," tuturnya.

Agus mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan perbaikan untuk menghilangkan segala tindak penyelewengan. Untuk menyempurnakan proses ini, dirinya berharap instansi aparat hukum dan pengawas lain dapat terjalin kerjasama dengan baik.

"Kita akan dukung penuh supaya ada efek jera," kata Agus.

DW atau Dhana Widyatmika diumumkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung pada Jumat 24 Februari 2012 atas sejumlah kasus pencucian uang, pemerasan dan lain-lain. Dhana sendiri menyebutkan bahwa ada informasi yang tidak benar yang diberitakan media massa tentang kasus ini.

"Pemberitaan ini sangat mengejutkan saya, istri dan keluarga saya, serta terdapat informasi yang tidak benar atau berdasar," kata Dhana dalam surat izin kepada atasannya. (eh)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024