DP Naik, Gaikindo Revisi Target Penjualan

Kemacetan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kenaikan uang muka (down payment/DP) kredit kendaraan bermotor berdampak terhadap penurunan penjualan tahun ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target penjualan dari 1 juta unit menjadi 875 ribu unit kendaraan bermotor.

"Sebelum aturan ini diberlakukan kami optimistis target penjualan akan tembus satu juta unit, tapi setelah adanya aturan ini kami revisi asumsi kami," ujar Ketua Gaikindo Jongkie D Sugiarto di Hotel Grand Mulia Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Seperti diketahui aturan kenaikan DP ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (untuk multifinance). Untuk kredit kendaraan bermotor di bank, untuk sepeda motor minimal DP 25 persen dan mobil sebesar 30 persen. Sementara untuk perusahaan multifinance, kredit kendaraan roda dua minimal DP 20 persen dan kredit mobil sebesar 25 persen. Aturan ini akan berlaku mulai 15 Juni 2012.

Jongkie menjelaskan daya beli masyarakat untuk kendaraan roda empat masih di kisaran Rp200 juta ke bawah. Produk mobil yang diminati masyarakat rata-rata seperti Avanza, Xenia, dan Suzuki AVP.  "Ini menunjukkan daya beli masyarakat masih di kisaran itu. Selain itu kita perlu tahu mengapa orang membeli mobil? Karena tidak ada angkutan yang aman dan nyaman," ujarnya.

Ia berharap pemerintah menunda pelaksanaan penerapan DP hingga tahun depan sambil menunggu pendapatan per kapita masyarakat meningkat. "Untuk itu kami mohon pelaksanaan ini ditunda hingga tahun depan," ujarnya.

Selain berdampak penurunan target penjualan, daya beli masyarakat juga akan mengalami penurunan karena mereka harus menabung lebih lama. Ia memprediksi masyarakat yang akan membeli mobil harus menabung 3-4 bulan lagi. Sedangkan untuk DP kendaraan roda dua akan menabung 1-2 bulan lagi. (umi)

Jokowi Resmikan Sejumlah Jalan di NTB, Telan Biaya Rp211 Miliar
Ilustrasi anak sekolah/belajar.

20 Kata-Kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Pendidikan Nasional

Pada setiap tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional sebagai penghormatan terhadap peran penting pendidikan dalam pembangunan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024