PU Kaji Dua Rute Jembatan Selat Sunda

Desain Jembatan Selat Sunda
Sumber :
  • Kementerian Pekerjaan Umum

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini telah mengantongi dua pilihan trase atau rute Jembatan Selat Sunda.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Masing masing rute tersebut adalah hasil survei awal dari Prof. Wiratman Wangsadinata yang membuat rute tersebut berdasarkan pra studi oleh Artha Graha dan satu lagi dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU.

"Trase JSS yang dibuat oleh Ditjen Bina Marga memiliki panjang total 28,8 kilometer, sedangkan hasil Wiratman panjangnya itu 28,4 Km," kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak ketika ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat 6 Juli 2012. .

Menurutnya Hermanto, selain adanya perbedaan panjang lokasi awal jembatan juga ada perbedaan antara dua versi rute jembatan ini. "Lokasi pilihan dari Wiratman terletak di belakang PT Asahimas Chemical, Anyer, Banten. Sedangkan masukan dari Ditjen Bina Marga, lokasinya berjarak sekitar 3 Km lebih ke selatan," jelasnya.

Dia menyatakan bahwa Kementerian PU masih akan mengkaji dua trase itu dan nantinya akan ditentukan mana rute yang terbaik untuk dipilih dalam membangun Jembatan Selat Sunda.

Hermanto mengungkapkan, dari kunjungannya ke daerah Banten,  bahwa hasil pra studi kelayakan JSS dari Wiratman menunjukkan trase yang relatif lurus tapi harus membangun dua bentang utama jembatan.

Hal ini, menurutnya, mengakibatkan penyerapan dana pembangunan yang lebih mahal daripada hasil Ditjen Bina Marga yang memperlihatkan trase yang lebih panjang tapi hanya menggunakan satu bentang utama.

Penggunaan satu trase, menurut Hermanto, bisa mengurangi biaya pembangunan jembatan.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Namun, untuk trase yang mana yang akan digunakan nanti, ia mengungkapkan bahwa kedua hasil ini hanya menjadi konsep dasar untuk tahap studi kelayakan (feasibility study) yang segera dilakukan.

"Bukan tidak mungkin, jika nantinya trase yang digunakan merupakan kolaborasi gabungan dari dua kajian tersebut," ujar Hermanto.

Desain studi yang dibuat PU, kata dia, juga bukan tanpa kelemahan. Sebab, desain studi awal Ditjen Bina Marga merencanakan dua patahan cukup tajam ketika mendekat ke sisi Sumatera. "Itu akan menyulitkan laju kereta api di jembatan tersebut," tuturnya. (eh)

Oxford United Pastikan Tiket ke Partai Playoff Menuju Divisi Championship
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya membuka kerja sama untuk perhelatan pilkada serentak 2024 bersama ketiga partai mitra mereka di pilpres.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024